Thursday 6 August 2015

Alumni timnas U16 di tim SKO Ragunan yang berangkat ke Thailand

Tim sekolah olahraga Ragunan menjadi wakil Indonesia dalam ajang Thailand Sports Schools Games di Thailand . Dari segi kelompok umur, ajang yang berlangsung 28 Juli hingga 9 Agustus 2015 ini mungkin setara dengan U16 dan U17. Karena itu saya tertarik untuk mengetahui adakah anggota timnas U16 yang bergabung dengan tim Ragunan ini.

Timnas U16 asuhan Fachri Husaini sebagaimana diketahui, sebelumnya dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah piala AFF U16 tahun ini. Sayang sanksi pembekuan PSSI oleh menpora yang disusul oleh sanksi FIFA memupus asa tim yang sudah dipersiapkan sejak akhir tahun lalu itu. Saya rasa hal itu juga disayangkan para pecinta sepakbola Indonesia, mengingat artikel-artikel tentang timnas U16 dan U19 ini adalah termasuk artikel blog ini yang banyak dibaca.

Berikut adalah daftar para pemain Ragunan yang dikirimkan ke Thailand. Tim ini terdiri dari 18 pemain. Mereka adalah Reza Agus Febrian (kiper), Chandra Nur (kiper), Egy Maulana Vikri, Risdianto Prasetyo, Rizky Aprilia, Jadug Raya, Muhamad Iqbal, Dedi Tri, Julyono Pratama, Muhamad Dendi, Muhamad Hambali, Aji Joko, Rizky Fajar, Kadek Raditya, Raka Askara, Haykal Dandito, Muhamad Ridwan, M.Firman.

Diantara nama-nama tersebut ada alumni timnas U16, Reza Agus Febrian. Dulu ikut mewakili Indonesia di Kanga Cup 2013 di Canberra, Australia. Reza adalah alumni timnas U14 asuhan Mundary Karya yang tampil di piala AFC U14 tahun 2013 di Myanmar. Reza tampil sebagai pilihan utama saat timnas U16 mengalahkan Vietnam 3-2 pada 3 Desember 2014 lalu.

Egi Maulana Vikri adalah bintang di timnas U16 asuhan Fachri Husaini. Pemain ini adalah alumni timnas U14 asuhan Mundary Karya yang tampil di piala AFC U14 tahun 2013 di Myanmar. Talentanya diakui oleh Indra Sjafri. Egi tampil sebagai pilihan utama selama 74 menit saat timnas U16 mengalahkan Vietnam 3-2 pada 3 Desember lalu. Dalam pertandingan ini Egi mencetak gol dari titik putih. Pada partai berikutnya melawan Singapura dua hari kemudian, Egi mencetak dua assist saat tampil sebagai pengganti selama 53 menit plus perpanjangan waktu.

Di skuad timnas U16 juga ada nama Juliano Pratama dari Makassar. Pemain ini tampil sebagai pilihan utama saat timnas U16 mengalahkan Singapura 3-1 pada 5 Desember lalu. Saat itu Juliano tampil selama 78 menit. Belum diketahui apakah Juliano Pratama ini sama dengan "Julyono Pratama" yang disebutkan daftar diatas.

Ada juga Ricky Fajar asal DKI tampil sebagai pilihan utama timnas U16 selama 46 menit saat timnas mengalahkan Vietnam 3-2 pada 5 Des 2014. Saat itu Ricky mencetak gol pertama Indonesia. Belum diketahui apakah Ricky Fajar ini sama dengan "Rizky Fajar" yang disebutkan daftar diatas.

Dan juga ada nama M Ridwan asal Jawa Tengah. Pemuda ini mencetak 1 assist saat tampil selama 32 menit sebagai pilihan utama saat saat timnas U16 mengalahkan Vietnam 3-2 pada 5 Des 2014. Mungkinkan M Ridwan ini sama dengan "Muhamad Ridwan" pada daftar diatas?

Memang sulit menarik kesimpulan karena kurangnya liputan media pada tim Ragunan ini. Setidaknya ada dua alumni timnas U16 yang dipastikan ikut di tim Ragunan ini, yaitu Reza Agus Febrian dan Egi Maulana Vikri. Tentang Juliano Pratama dari Makassar. Pemain ini tampil sebagai pilihan utama saat timnas U16 mengalahkan Singapura 3-1 pada 5 Desember lalu. Saat itu Juliano tampil selama 78 menit. Belum masih perlu verifikasi tentabf Juliano Pratama, Ricky Fajar dan M Ridwan.

Sampai saat ini tim Ragunan telah maju ke babak semifinal. Mereka harus menghadapi tantangan Jumat 7 Agustus 2015 mereka dijadwalkan akan menghadapi tim Bukit Jalil Sports School dari Malaysia.

Referensi:
1. Foto: Indra Sjafri dan talenta belia Egi Maulana Vikri.










http://www.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-indonesia/15/07/29/ns96bl348-tim-sepak-bola-pelajar-indonesia-siap-hadapi-thailand

Tim Sepak Bola Pelajar Indonesia Siap Hadapi Thailand

Rabu, 29 Juli 2015, 21:16 WIB


Istimewa
Para pemain tim Ragunan Sport School saat berlatih di Thailand
Para pemain tim Ragunan Sport School saat berlatih di Thailand
A+ | Reset | A-
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim sepak bola pelajar Indonesia siap tampil dalam Kejuaraan Internasional Antarsekolah yang berlangsung 28 Juli hingga 9 Agustus di Thailand. Indonesia yang diwakili Ragunan Sport School ini tergabung di Grup C bersama Suratthani Sport School, Loe et Local Sport School, dan Muensriwiethyanuson Sport School.
Para penggawan Ragunan Sport School akan menghadapi tim tuan rumah Loe et Local Sport pada Jumat (31/7) siang di Stadion Rajbhat 1 Sisaket. Mereka telah menjalani latihan perdana pada Rabu (29/7) sore.
Jelang laga perdananya, Ragunan Sport School mengalami sedikit kendala dalam latihan. Kiper Ragunan Sport School Egy Maulana Vikri mengatakan pemain kesulitan beradaptasi dengan cuaca Thailand Utara yang sangat dingin.
Lokasi latihan sering diguyur hujan. Sehingga awak tim asuhan Bambang Ito ini benar-benar harus menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil saat latihan. 
"Cuacanya sangat dingin. Kami juga sering diguyur hujan saat latihan. Mau atau tidak, kami harus banyak istirahat karena jadwal pertandingan sangat padat," kata Egy kepada Republika melalui pesan singkatnya, Rabu (29/7). 
Meski demikian Egy bertekad untuk memberikan yang terbaik dalam laga nanti.
Selain sepak bola, Indonesia akan tampil dalam sembilan cabang olahraga lain yakni atletik, tenis meja, bola voli, renang, pencak silat, taekwondo, gulat, anggar, dan balap sepeda. Dalam event serupa tahun lalu, Indonesia menyabet perunggu dari cabang sepak bola.
Anggota Tim Sepak Bola Sepak Bola Ragunan Sports School:
Egy Maulana Vikri, Risdianto prasetyo, Reza Agus Febrian (kiper), Rizky Aprilia, Jadug Raya, Muhamad Iqbal, Dedi tri, Julyono Pratama, Muhamad Dendi, Muhamad Hambali, Aji Joko, Rizky Fajar, Kadek Raditya, Raka Askara, Haykal Dandito, Muhamad Ridwan, M.Firman, Chandra Nur (kiper).

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA