Thursday 4 December 2014

Fachry Husaini, Pelatih Timnas U19 dan U16 saat ini

Usai lengsernya Indra Sjafri, nama yang dipercaya menukangi timnas U19 adalah Fachry Husaini. Pria asal Aceh ini merupakan seorang gelandang handal andalam timnas di dekade 90an. Sebagai pelatih, Fachry pernah memimpin Bontang BKT, tim PON Kalimantan timur dan diklat Manado. Sertifikasi kepelatihan Fachry adalah sertifikat A AFC.

Timnas  U19 asuhan Fachry diproyeksikan untuk tampil di piala AFF U19 di Sidoarjo, Agustus 2015. Awan Setho dan Dimas Drajad dari timnas U19 sebelumnya asuhan Indra Sjafri masih dapat bergabung dengan timnas U19 baru asuhan Fachry ini. Kehadiran dua pemain berpengalaman ini sangat menguntungkan, apalagi mengingat kemampuan Awan Setho sebanding Ravi Murdianto, kiper utama tim Indra Sjafri dulu. Begitupun Dimas Drajat yang kemampuannya sejajar dengan Mukhlis Hadi yang dulu menjadi pilihan utama.

Karena timnas U19 generasi baru ini didominasi pemain-pemain yang saat ini berusia tujuh belasan, mereka sering juga disebut sebagai timnas U17.

Fachry Husaini juga dipercaya menangani timnas U16 yang diproyeksikan untuk tampil di piala AFF U19 di Solo, Juli 2015. Karena saat ini pemain-pemainnya kebanyakan berusia empat belas tahun, tim ini sering juga disebut timnas U14. Tidak dijumpai keterangan kenapa timnas U16 dan U19 ini tidak dilatih oleh dua pelatih berbeda.

Bulan Desember ini timnas U19 dan U16 mendapatkan kesempatan ujicoba. Rabu 3 Desember 2014 kemaren timnas U16 menang 3-2 atas Vietnam U16 di GBK. Jumat 5 Desember 2014, masih di GBK, giliran Singapura U16 yang dijadwalkan menjadi lawan tanding. Fachry tidak memasang target tertentu di partai ujicoba ini. Kedua partai ini lebih berfungsi sebagai ajang mencoba dan seleksi pemain.

Akan halnya timnas U19 dijadwalkan akan menghadapi Singapura U19 di GBK pada Senin 8 Desember 2014.

Referensi:

1. Fachry Husaini @ Wikipedia
2. Fachry Husaini memiliki sertifikat A AFC
3. Awan Setho dan Dimas Drajat masih bisa memperkuat timnas U19.
4. Fachri akan mengganti susunan pemain timnas U16 saat melawan Singapura.
5. Laporan pertandingan Indonesia U16 vs Vienam U16 Rabu 3 Desember 2014.
6. Foto Fachry Husaini

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA