Saturday 21 May 2016

Mencari Figur Ketua Umum PSSI Yang Baru

Selepas pembekuan pembekuan PSSI dan diangkatnya sanksi FIFA, suara-suara meminta KLB makin nyaring terdengar. Memang dengan buronnya La Nyalla Mattalitti, tidak mungkin lagi mempertahankannya sebagai ketua umum PSSI. Apalagi secara politis lebih baik jika PSSI dipimpin dengan tokoh yang tidak berseberangan frontal dengan menpora Imam Nahrawi.

Awal bulan ini, 85 pemilik suara PSSI menuntut pelaksanaan KLB. Mereka dikenal sebagai Kelompok 85.Tuntutan ini didukung leh 12 klub ISL yaitu Persib Bandung, Bali United FC, Persija, Madura United, Persela Lamongan, Persegres Gresik United, PS TNI, Bhayangkara Surabaya United, Semen Padang, Arema Cronus dan Mitra Kukar,  Sementara Pusamania Borneo FC yang sempat menyatakan pro KLB belakangan mencabut dukungannya.

Lebih lanjut Kelompok 85 mengancam untuk memboikot kongres biasa PSSI 1 Juni nanti di Balikpapan. Memang gerakan menuju KLB ini sepertinya akan mendapatkan resistensi dari pengurus PSSI saat ini. Tidak heran jika Kelompok 85 merasa perlu mewacanakan boikot untuk show of force.

Hanya saja Kelompok 85 belum menentukan figur yang akan didukung menjadi ketua umum yang baru. Idealnya ketua umum baru harus paham sepakbola dan permasalahan yayng sedang dihadapi PSSI saat ini, serta dapat diterima oleh semua stakeholder sepakbola nasional.  Sebaiknya ketua umum PSSI yang baru bukan tokoh yang berseberangan menpora Imam Nahrawi, untuk mencegah terulangnya konflik setahun terakhir.

Pilihan yang layak dipertimbangkan adalah Umuh Muchtar, manajer Persib. Saat ini Umuh terlihat sebagai pemimpin tak resmi dari Kelompok 85. Sangat bisa dimengerti kalau nantinya Umuh Muchtar diajukan untuk menjadi calon ketua umum PSSI.

Sebagai alternatif, mungkin bisa dipertimbangkan tokoh-tokoh sepakbola di kalangan TNI atau Polri. Animo sepakbola di kalangan TNI/Polri sedang tinggi.Terbukti bahwa saat ini ada PS TNI Bhayangkara Surabaya FC yang berlaga di kompetisi ISC.

Referensi:
http://redaksi.co.id/62993/daftar-pemilik-suara-yang-menuntut-klb-pssi.html
http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2016/05/10/23350732/pusamania-borneo-fc-cabut-dukungan-klb-pssi
http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2016/05/18/23676512/pssi-ancaman-tim-85-boikot-kongres-tak-pantas

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA