Tuesday 17 May 2016

Video Highlight - Laju Mulus Austria Lolos Ke Euro 2016

Austria mungkin tidak diunggulkan di awal babak kualifikasi Euro 2016. Saat itu Austria ditempatkan di grup G bersama Rusia dan Swedia. Ternyata akhirnya Austria malah keluar sebagai juara grup, sementara Rusia menyusul di tempat kedua. Sementara Swedia akhirnya ikut lolos setelah mengalahkan Denmark di partai play-off.

Pemain bintang yang dimiliki Austria mungkin hanya David Alaba. Ada juga Christian Fuchs yang bermain untuk tim juara EPL, Leicester City. Banyak dari pemain Austria berkompetisi di Jerman, hal yang wajar mengingat kedekatan kultur, geografis dan sejarah.

Austria mengawali perjuangan di kualifikasi Euro 2016 dengan menjamu Swedia pada 8 September 2014. Tuan rumah mampu unggul lebih dlu oleh penalti David Alaba, pemain serba bisa dari Bayern Munich . Tim tamu membalas tak lama kemudian lewat Erkan Zengin.




Pada pertandingan berikutnya bertandang ke Moldova pada 9 Oktober 2014, David Alaba kembali mencetak gol lewat titik penalti. Moldova mendapat kesempatan membalas dari titik penalti juga, yang tidak disia-siakan oleh Alexandru Dedov. Austria memenangkan pertandingan ini dengan skor 2-1 setelah Marc Janko mencetak gol kedua lewat sundulan memanfaatkan umpan silang dari tendangan pojok. Janko adalah striker senior yang bermain untuk klub Swiss yaitu FC Basel.


Tiga hari kemudian, Austria kembali meraih kemenangan saat menjamu Montenegro. Rubin Okotie gol tunggal dalam partai ini dicetak oleh, Okotie adalah striker berdarah Nigeria yang bermain untuk 1860 Munich.

Rubin Okotie kembali unjuk gigi pada partai berikutnya pada 15 November 2014. Kali Austria harus menjamu tim kuat Rusia. Okotie mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan penting 1-0 atas tim beruang merah tersebut.


Di pertandingan pertama tahun 2015, Austria mencatatkan kemenangan besar 5-0 saat bertandang ke markas Liechtenstein. Lima gol tersebut disumbangkan oleh Martin Harnik, Marc Janko, David Alaba, Zlatko_Junuzović dan Marko Arnautović. Sayang tidak ditemukan video youtube untuk pertandingan ini.

Martin Harnik bermain untuk Werder Bremen, bisa ditempatkan di posisi penyerang atau sayap. Gelandang Zlatko_Junuzović adalah rekan satu tim Martin Harnik di Werder Bremen. Penyerang Marko Arnautović saat ini bermain untuk tim EPL Stoke City.

Tantangan berat saat Austria harus bertandang menantang Rusia pada 14 Juni 2015. Tapi gol indah Marc Janko lewat bicycle kick membawa Austria terus melanjutkan rentetan kemenangan. Rusia tumbang 0-1 di Moscow.




Skor 1-0 kembali terulang pada 5 September 2015. Saat itu Austria menjamu Moldova di stadium Ernst-Happel, Wina. Gol kemenangan Austria dicetak Zlatko_Junuzović yang berhasil menyambar bola muntah di depan gawang Moldova.




Kemenangan paling gemilar tentunya adalah saat bertandang ke Swedia tiga hari berselang. David Alaba membuka kemenangan Austria lewat titik putih. Serangan-serangan Swedia gagal menghasilkan gol, sementara Martin Harnik justru menambah dua gol lagi untuk Austria, dan Marc Janko menyumbangkan satu gol. Gol balasan Zlatan Ibrahimovic di penghujung pertandingan hanya menipiskan kekalahan Swedia dengan skor 4-1.



Agaknya pertandingan terberat Austria di kualifikasi Euro 2016 adalah bertandang menghadapi Montenegro pada 9 Oktober 2015. Mirko Vučinić memanfaatkan kesalahan lini belakang Austria untuk mencetak gol bagi Montenegro. Marc Janko berhasil menyamakan kedudukan, tapi Montenegro kembali memimpin lewat sepakan Fatos Bećiraj sedikit di luar kotak penalti. Tim tamu tidak berputus asa dan aksi individu Marko Arnautović di kotak penalti kembali membuat kedudukan menjadi imbang. Di masa injury time Marcel Sabitzer mendapat umpan dalam posisi bebas di kotak penalti dan segera melesakkannya ke gawang Montenegro dan akhirnya pertandingan berakhir dengan skor 3-2. Sabitzer adalah seorang penyerang muda yang bermain untuk klub Jerman RB Leipzig.



Selang tiga hari, Austria mencetak  tiga gol tanpa balas saat menjamu Liechtenstein. Marko Arnautović mencetak gol cepat, disusul dengan dua gol dari Marc Janco. Austria lolos ke putaran Euro 2016 sebagai juara grup G dengan catatan 9 kemenangan dan satu hasil seri.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/UEFA_Euro_2016_qualifying_Group_G
https://en.wikipedia.org/wiki/UEFA_Euro_2016_qualifying#Group_G
http://www.espnfcasia.com/austria/story/2870061/marcel-koller-names-austria-squad-for-euro-2016-with-few-surprises
https://en.wikipedia.org/wiki/Marc_Janko
https://en.wikipedia.org/wiki/David_Alaba
https://en.wikipedia.org/wiki/Rubin_Okotie
https://en.wikipedia.org/wiki/Zlatko_Junuzovi%C4%87
https://en.wikipedia.org/wiki/Martin_Harnik

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA