Wednesday 4 May 2016

Lulusan Akademi MU di Leicester City

Kualitas akademi MU bisa diadu dengan akademi-akademi beken lagi di eropa, termasuk akademi Ajax dan Barcelona. Sebagai akademi berkualitas, tentu saja akademi MU meluluskan pemain-pemain handal. Tapi persaingan keras dan tuntutan prestasi dan menyulitkan para pemain muda itu untuk berkembang di tim senior MU.

Di tim Leicester City baru saja menjuarai EPL musim ini, ada dua nama lulusan akademi MU.berasal dari daerah Manchester dan sekitarnya. Mereka adalah bek kanan Danny Simpson dan gelandang Danny Drinkwater.

Danny Simpson, 29 tahun, adalah berada di akademi MU pada 2003-2006. Bek kanan ini memperkuat tim senior MU pada  2006-2010. Selama empat tahun itu hanya mendapatkan kesempatan tiga kali tampil untuk Manchester United.

Danny Drinkwater bahkan sudah bergabung dengan MU sejak usia 9 tahun. Gelandang ini
memperkuat tim senior MU pada  2008-2012. Sayangnya dalam empat musim itu Drinkwater tidak sekalipun mendapat kesempatan tampil bersama Manchester United.

Persaingan keras menjadi alasan kenapa Simpson dan Drinkwater kesulitan menembus tim utama MU. Danny Simpson harus bersaing dengan Gary Neville, West Brown dan lalu Rafael Da Silva. Sementara di posisi Danny Drinkwater ada rival sekelas Paul Scholes, Michael Carrick, Darren Fletcher, Anderson, Owen Hargreaves dan Darron Gibson.

Tak heran jika Simpson dan Drinkwater dipinjamkan MU ke klub lain. Danny Simpson sempat dipinjamkan ke Royal Antwerp, Sunderland, Ipswich Town, Blackburn Rovers dan Newcastle United. Akan halnya Danny Drinkwater, dia pernah mengalami masa peminjaman ke Huddersfield Town, Cardiff City, Watford dan Barnsley,

Mereka berdua bejuang untuk bisa merebut tempat utama. Peminjaman ke klub lain pun dijajal untuk menunjukkan performa agar dipercaya oleh manajer Sir Alex Ferguson. Daniel Drinkwater bahkan sempat dipanggil timnas Inggris U18 dan U19, pertanda dia memang memiliki talenta.

Saat perjuangan di MU tidak menunjukkan tanda-tanda positif, mereka memilih mengembangkan karir di klub lain. Danny Simpson pindah ke Newcastle United di tahun 2010, saat usianya 23 tahun. Setelah sempat pindah lagi ke QPR, Simpson bergabung dengan Leicester City di tahun 2014.

Daniel Drinkwater pindah ke Leicester City tahun 2012, saat usianya 22 tahun. Keputusannya terbukti tepat. Tidak hanya merengkuh gelar juara EPL musim ini, Drinkwater juga sudah dipanggil ke timnas senior Inggris.

Selain Simpson dan Drinkwater, sebenarnya ada seorang pemain Leicester lagi yang merupakan lulusan akademi MU. Dia adalah Matty James, gelandang 24 tahun yang berada akademi MU pada 2007-2010. Memperkuat tim senior MU pada 2009-2012 tapi tidak pernah dimainkan. Gelandang yang sempat dipinjamkan ke Preston North End punya catatan penampilan bersama timnas Inggris U16, U17, U19 dan U20. Matty James mengalami cedera lutut parah musim lalu dan saaat itu diprediksi harus absen sembilan bulan. Matty James sama sekali tidak tampil bersama Leicester City musim ini.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Danny_Simpson
https://en.wikipedia.org/wiki/Danny_Drinkwater
https://en.wikipedia.org/wiki/Matty_James
http://www.dailymail.co.uk/sport/football/article-3081810/Leicester-City-midfielder-Matty-James-ruled-nine-months-suffering-cruciate-knee-ligament-injury.html
https://en.wikipedia.org/wiki/2006–07_Manchester_United_F.C._season
https://en.wikipedia.org/wiki/2007%E2%80%9308_Manchester_United_F.C._season
https://en.wikipedia.org/wiki/2008%E2%80%9309_Manchester_United_F.C._season
https://en.wikipedia.org/wiki/2009%E2%80%9310_Manchester_United_F.C._season
https://en.wikipedia.org/wiki/2010–11_Manchester_United_F.C._season
https://en.wikipedia.org/wiki/2011%E2%80%9312_Manchester_United_F.C._season

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA