Monday 23 May 2016

Video Highlight - Republik Ceko, Tim Penakluk Belanda Melaju Ke Piala Eropa

Nama-nama paling terkenal di skuad timnas Ceko adalah para veteran Arsenal seperti kiper Petr Čech dan gelandang Tomáš Rosický. Tapi keliru jika lalu disimpulkan kalau Ceko tergantung pada para veteran tersebut. Petr Cech misalnya tidak mencatatkan clean sheet sama sekali dalam 10 partai kualifikasi Euro 2016.

Tomáš Rosický masih memainkan peran penting bagi timnas Ceko. Tapi rekan-rekannya membuktikan sanggup menaklukkan Belanda 3-2 tanpa Rosický pada 13 Oktober 2015. Dari 19 gol yang dicetak Ceko di babak kualifikasi Euro 2016, tak satupun yang dicetak oleh Rosický.

Ceko memulai kualifikasi Euro 2016 dengan menjamu Belanda pada 9 September 2014. Bořek Dočkal membuka skor dengan gol hasil tembakan keras dari luar kotak penalti. Belanda menyamakan kedudukan lewat sundulan Stefan de Vrij. Di penghujung laga, kesalahan lini belakang Belanda dimanfaatkan oleh Václav Pilař untuk membawa Ceko memenangkan pertandingan 2-1.


Bořek Dočkal dan Václav Pilař sama-sama bermain di liga Ceko. Gelandang Bořek Dočkal sempat merantau ke Turki dan Norwegia sebelum pulang ke Ceko dan bermain untuk Sparta Praha. Václav Pilař adalah seorang pemain sayap yang sempat memperkuat tim Bundesliga Vfl Wolfsburg dan SC Freiburg. Saat ini Václav Pilař kembali ke negara sendiri dan bermain untuk Viktoria Plzeň.

Menghadapi pertandingan kedua pada 10 Oktober 2014, Ceko bertandang ke markas tim kuat lain, Turki. Tuan rumah mencetak gol pertama lewat Umut Bulut. Tim tamu membalas lewat sundulan Tomáš Sivok, bek tengah yang berkompetisi di liga Turki bersama Bursaspor. Bořek Dočkal menambah gol untuk membawa Ceko kembali menang 2-1.



Dočkal kembali mencetak gol tiga hari kemudian, saat Ceko bertandang ke Kazakhstan. Sayang tidak ditemukan video youtube yang tepat untuk partai yang berakhir 4-2 untuk kemenangan Ceko ini. Empat gol Ceko dicetak oleh Bořek Dočkal, David Lafata, Ladislav Krejčí dan Tomáš Necid. Dua gol balasan Kazakhstan dicetak oleh Yuriy Logvinenko.

David Lafata dan Ladislav Krejčí sama-sama bermain di Sparta Praha, Krejčí bermain sebagai sayap kiri, sementara Lafata adalah penyerang veteran yang beberapa tahun belakangan tampil tajam di liga lokal. Tomáš Necid adalah juga seorang penyerang, bermain untuk klub Turki, Bursaspor.

Laju kemenangan Ceko berlanjut pada 16 November 2014 saat menjamu Islandia, bintang baru sepakbola Eropa. Ragnar Sigurðsson membuka skor untuk tim tamu yang belakangan mengalami peningkatan prestasi pesat di dunia sepakbola. Pavel Kadeřábek, bek kanan klub Bundesliga 1899 Hoffenheim, mencetak gol balasan untuk Ceko di penghujung babak pertama. Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Ceko karena own goal dari pemain Islandia bernama Jón Daði Böðvarsson. Sayang tidak ditemukan video youtube yang tepat untuk partai yang berakhir 4-2 untuk pertandingan ini.

Latvia menghentikan laju kemenangan Ceko pada 28 March 2015. Sebuah serangan balik Latvia bisa dimanfaatkan Aleksejs Višņakovs untuk membawa negaranya memimpin 1-0. Tuan rumah Ceko harus menunggu sampai penghujung pertandingan sebelum bisa membalas gol lewat Václav Pilař. Pertandingan berakhir imbang 1-1.


Ceko yang selalu kebobolan pada lima partai pertama akhirnya menelan kekalahan juga. Pada 12 Juni 2015 Islandia membalas kekalahan beberapa bulan sebelumnya dengan skor identik 2-1. Bořek Dočkal sempat membawa Ceko unggul lebih dulu tapi segera disamakan oleh tuan rumah lewat gol Aron Gunnarson. Gol berikutnya dari Kolbeinn Sigþórsson membuat Ceko harus menelan kekalahan untuk pertama kalinya di kualifikasi Euro 2016 ini.



Ceko kembali ke jalur kemenangan di pertandingan berikutnya. Menjamu Kazakhstan pada 3 September 2015, Ceko sebenarnya tertinggal lebih dulu lewat gol Yuriy Logvinenko. Untunglah dua gol sundulan dari Milan Škoda membawa Ceko berbalik memenangkan pertandingan diri dengan skor 2-1. Škoda  adalah seorang penyerang yang bermain untuk klub lokal Slavia Praha.



Tiga hari berselang, Ceko kembali memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 saat bertandang ke markas Latvia. Gol pertama Ceko dicetak oleh David Limberský, bek kiri yang bermain untuk klub daerah asalnya yaitu  Viktoria Plzeň. Vladimír Darida, gelandang Hertha Berlin mencetak gol berikutnya. Latvia memperkecil ketinggalan melalui Artūrs Zjuzins. Sayang tidak ditemukan video youtube yang tepat untuk pertandingan ini.

Turkey yang sedang berjuang untuk maju ke fase playoff berhasil mengkandaskan Ceko pada 10 Oktober 2015. Dua gol dari Selçuk İnan dan Hakan Çalhanoğlu membawa Turki menang 2-0. Untuk pertama sekalinya Ceko gagal mencetak gol di kualifikasi Euro 2016.

Ceko bangkit di pertandingan pamungkas tiga hari kemudian. Mereka mencatat kemenangan 3-2 atas tim tamu Belanda, sekalipun memupuskan asa tim Oranye untuk lolos ke putaran final Euro 2016. Dari sayap kanan Pavel Kadeřábek masuk kotak penalti dan mencetak gol. Dimulai dari lembaran kedalam, dilanjutka dengan beberapa sentuhan untuk sampai ke kotak penalti, Ceko mencetak gol berikutnya lewat Josef Šural. Skor menjadi 3-0 sekelah Robin Van Persie melakukan own goal. Belanda hanya mampu mengejar dua gol lewat Klaas-Jan Huntelaar dan Robin Van Persie, dan harus tersingkir di babak kualifikasi Euro 2016.


Pavel Kadeřábek adalah seorang bek kanan yang berkompetisi di Bundesliga bersama 1899 Hoffenheim. Semasa junior, tahun 2011 Kadeřábek ikut membawa Ceko menjadi runner-up piala Eropa U19. Sementara Josef Šural adalah gelandang yang berkompetisi di negeri sendiri bersama Sparta Praha.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/UEFA_Euro_2016_qualifying_Group_A
https://en.wikipedia.org/wiki/Bo%C5%99ek_Do%C4%8Dkal
https://en.wikipedia.org/wiki/V%C3%A1clav_Pila%C5%99
https://en.wikipedia.org/wiki/Tom%C3%A1%C5%A1_Sivok
https://en.wikipedia.org/wiki/Tom%C3%A1%C5%A1_Necid
https://en.wikipedia.org/wiki/David_Lafata
https://en.wikipedia.org/wiki/Ladislav_Krej%C4%8D%C3%AD
https://en.wikipedia.org/wiki/Pavel_Kade%C5%99%C3%A1bek
https://en.wikipedia.org/wiki/Milan_%C5%A0koda
https://en.wikipedia.org/wiki/David_Limbersk%C3%BD
https://en.wikipedia.org/wiki/Vladim%C3%ADr_Darida
https://en.wikipedia.org/wiki/Pavel_Kade%C5%99%C3%A1bek
https://en.wikipedia.org/wiki/Josef_%C5%A0ural
http://www.goal.com/en-gb/match/netherlands-vs-czech-republic/1653395/lineups?ICID=MP_MS_2

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA