Friday 27 May 2016

Timnas Spanyol @ Atletico dan Real Madrid

Artikel ini ditulis menjelang final liga champions antara Atletico Madrid dan Real Madrid. Walaupun  masing-masing tim memiliki banyak bintang asing, kedua tim tidak melupakan pemain Spanyol sendiri. Tentu saja pemain lokal juga harus melewati batas standar tertentu kalau ingin bermain untuk klub di level dua klub kota Madrid ini.

Artikel ini berusaha menyusun "tim nasional Spanyol" dari pemain-pemain lokal milik kedua tim Madrid. Tentu saja ini bukan timnas Spanyol yang sebenarnya. Spanyol punya tim besar seperti Barcelona yang banyak menyumbangkan pemain-pemain timnas seperti Gerard Piqué, Jordy Alba, Marc Bartra, Sergio Busquets dan Andrés Iniesta. Tentu saja ada legiun asing yang berkompetisi di luar negeri seperti Iker Casillas, David De Gea, César Azpilicueta, Cesc Fàbregas, David Silva, Pedro, Thiago Alcantara dan Alvaro Morata. Klub-klub la liga lainnya juga menyumbangkan pemain timnas seperti Sergio Rico (Sevilla), Mikel San José (Athletic Bilbao), Bruno (Villareal), Nolito (Celt Vigo) dan Aritz Aduriz.

Kiper Miguel Ángel Moyà (Atletico Madrid) Kiko Casilla (Real Madrid) sama-sama pilihan kedua. Mereka sulit mendapat kesempatan karena penampilan gemilang para kiper asing pilihan utama, Jan Oblak dan Keylor Navas. Jika harus memilih, Casilla lebih pantas dikedepankan karena mencatat lebih banyak penampilan di la liga musim ini dibanding Moya.

Posisi bek kanan benar-benar diperebutkan oleh dua pemain timnas, Dani Carvajal (Real Madrid) dan Juanfran (Atletico). Kedua pemain sama-sama pemain kelas satu. Juanfran mungkin bisa dianggap lebih baik karena punya lebih banyak catatan penampilan di timnas. Menarik menantikan siapakah yang akan jadi pilihan utama di putaran final Euro 2016 nanti.

Posisi bek kiri ditempati oleh bek veteran Alvaro Arbeloa (Real Madrid). Sergio Ramos (Real Madrid) tak perlu diragukan lagi pantas menempati salah satu posisi bek tengah. Sebagai pasangannya adalah Nacho (Real Madrid), pemain yang bisa ditempatkan di posisi manapun di lini belakang.

Posisi bek kiri paling pantas menjadi milik Nacho (Real Madrid). Pesaingnya adalah rekan satu klub, bek sayap veteran Alvaro Arbeloa. Nacho lebih pantas dikedepankan karena pemain yang bisa ditempatkan di posisi manapun di lini belakang ini belakangan memang lebih banyak dimainkan daripada Arbeloa.

Lini tengah didominasi oleh Atletico Madrid. Tiga posisi gelandang ditempati oleh Gabi, Koke dan Saúl. Dari tiga nama ini hanya Koke yang sudah cukup berpengalaman membela timnas Spanyol. Gelandang senior Gabi belum pernah tampil untuk timnas mengingat banyaknya gelandang berkualitas yang dimiliki Spanyol tahun-tahun belakangan ini. Rising star Saúl setidaknya sudah dipanggil oleh timnas, walaupun belum pernah mencatatkan penampilan untuk timnas.

Real Madrid ganti mendominasi serangan dari sayap. Di sini kanan ada Lucas Vasquez, sementara di sini lainnya ditempati oleh Isco. Kedua pemain ini sama-sama berusia 24 tahun. Isco sudah mencatatkan sejumlah penampilan untuk timnas Spanyol. Vasquez sudah prnah dipanggil ke timnas tapi belum pernah dimainkan.

Di posisi penyerang tengah, penyerang veteran Fernando Torres (Atletico Madrid) berhadapan dengan Jese (Real Madrid). Torres adalah pilihan utama di Atletico, sementara Jese kesulitan bersaing dengan Karim Benzema. Jadi posisi penyerang tengah lebih pantas menjadi milik Torres.

Jadi formasi lengkap "timnas Spanyol" versi final liga champions 2016 adalah:

Kiko Casilla (GK), Juanfran (RB), Sergio Ramos (CB), Nacho (CB), Alvaro Arbeola (LB), Gabi (DMC), Saúl (DMC), Koke (AMC), Lucas Vasquez (AMR), Isco (AML), Fernando Torres (FC),

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Spain_national_football_team
https://en.wikipedia.org/wiki/Real_Madrid_C.F.
https://en.wikipedia.org/wiki/Atl%C3%A9tico_Madrid
https://en.wikipedia.org/wiki/Miguel_%C3%81ngel_Moy%C3%A0
https://en.wikipedia.org/wiki/Kiko_Casilla
https://en.wikipedia.org/wiki/Nacho_(footballer,_born_1990)
https://en.wikipedia.org/wiki/Juanfran_(footballer,_born_1985)
https://en.wikipedia.org/wiki/%C3%81lvaro_Arbeloa
https://en.wikipedia.org/wiki/Kiko_Casilla
https://en.wikipedia.org/wiki/Dani_Carvajal
https://en.wikipedia.org/wiki/Gabi_(footballer)
https://en.wikipedia.org/wiki/Koke_(footballer,_born_1992)
https://en.wikipedia.org/wiki/Jes%C3%A9
https://en.wikipedia.org/wiki/Lucas_V%C3%A1zquez
https://en.wikipedia.org/wiki/Sa%C3%BAl_%C3%91%C3%ADguez
https://en.wikipedia.org/wiki/Isco

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA