Sunday 29 May 2016

Copa Yang Semakin America

Copa America adalah turnamen yang diselenggarakan Conmebol, organisasi sepakbola Amerika Latin. Conmebol punya sepuluh anggota, yaitu Argentina, Bolivia, Brazil, Chile, Colombia, Ekuador Paraguay, Peru, Uruguay dan Venezuela. Merekalah para peserta wajib Copa America. Biasanya ada tim undangan seperti Mexico dan Amerika Serikat untuk menambah jumlah peserta turnamen menjadi 12 tim.

Ada yang berbeda di Copa America yang berlangsung tahun ini. Kejuaraan yang menandai 100 tahun berlangsungnya Copa America diberi tajuk Copa America Centenario. Kejuaraan ini bisa dibilang adalah sebuah edisi istimewa Copa America, karena melibatkan enam negara tetangga yang bukan Amerika Latin. Bertindak sebagai tuan rumah adalah USA.

Sepuluh negara Amerika Latin ikut serta di Copa America Centenario ini. Tuan rumah USA dan negara kuat Mexico ikut serta dalam turnamen ini. Satu tiket menjadi milik Costa Rica, juara Copa Centroamericana 2014. Jamaica sebagai juara piala Karibia 2014 juga mendapat tempat. Dua tiket lagi menjadi milik Haiti dan Panama lewat jalur playoff.

Enam belas negara peserta dibagi atas empat grup, masing-masing grup memiliki empat peserta. Fase grup berlangsung dengan sistem setengah kompetisi. Dua peringkat teratas di fase grup akan maju ke babak delapan besar. Babak delapan besar, semifina dan final menggunakan sistem gugur.

Kejuaraan ini dijadwalkan berlangsung dari 3 sampai 26 Juni 2016. Favorit juara adalah Argentina, Brazil dan juara bertahan Chile.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Copa_Am%C3%A9rica
https://en.wikipedia.org/wiki/Copa_Am%C3%A9rica_Centenario

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA