Wednesday 24 December 2014

Kenapa Ahok Harus Membangun Stadion Baru di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok belakangan mulai masuk berita sepakbola. Klub sepakbola Persija Jakarta menuntut Ahok untuk membangun stadion sepakbola, untuk mengganti stadion Lebak Bulus yang sudah dirubuhkan untuk proyek MRT. Ahok mengelak dan menyebutkan bahwa stadion baru seharusnya menjadi tanggung jawab pengurus Persija.

Sepertinya keberatan Ahok adalah karena tiadanya saham pemprov DKI di Persija. Ahok sepertinya menganggap bahwa seharusnya Persija adalah milik pemerintah provinsi DKI. Ahok menawarkan para pemilik saham Persija untuk menjual sahamnya ke pemprov DKI.

Persija awalnya adalah sebuah tim perserikatan yang berdomisili di Jakarta Pusat. Sebagai tim perserikatan, pemilik Persija adalah klub-klub anggotanya. Perserikatan Persija bukanlah milik pemerintah provinsi DKI Jakarta atau pemerintah kota Jakarta Pusat. Setelah masa kompetisi profesional dimana semua klub harus berbentuk badan hukum, Persija dikelola oleh PT Persija Jaya.

Ahok agaknya salah mengerti tentang hubungan klub sepakbola dan stadion sepakbola. Umumnya stadion sepakbola di Indonesia ini dibangun oleh pemerintah. Gelora Bung Karno dibangun oleh pemerintah republik Indonesia dijaman presiden Soekarno. Stadion Si Jalak Harupat dibangun oleh pemerintah kabupaten Bandung. Stadion Gelora Bandung Lautan Api dibangun oleh pemerintah provinsi Jawa Barat dan pemerintah kota Bandung. Bahkan di Inggris saja, City of Manchester stadium (dikenal juga sebagai Etihad stadium) dibangun oleh pemerintah kota Manchester.

Setidaknya ada dua alasan untuk Ahok dan pemerintah provinsi DKI membangun stadion sepakbola baru. Pertama, karena pemerintah provinsi DKI telah merobohkan dua stadion sepakbola yaitu stadion Menteng dan stadion Lebak Bulus, tapi sampai saat ini belum mengganti dengan stadion yang baru. Kedua, karena Jakarta adalah tuan rumah Asian Games 2014. Daripada mengandalkan stadion GBK yang dibangun lebih dari 50 tahun yang lalu, lebih baik jika Jakarta membangun stadion sepakbola baru dengan fasilitas yang lebih canggih dan modern.

Akan halnya keinginan pemerintah provinsi DKI dan menjadikannya BUMD sudah mendapat lampu hujai dari PSSI. Tinggal bagaimana negosiasi Ahok untuk melakukan pembelian saham PT Persija Jaya.

Referensi:

1. Persija Menuntut Gubernur Ahok Membangun Stadion Sepakbola.
2. Ahok: Stadion Baru Seharusnya Menjadi Tanggung Jawab Pengurus Persija.
3. Gelora Bung Karno @ wikipedia.
4. Stadion Si Jalak Harupat @ wikipedia.
5. Stadion Gelora Bandung Lautan Api @ wikipedia.
6. City of Manchester Stadium @ wikipedia.
7. PSSI ijinkan Persija jadi BUMD.
8. Foto: Basuki Tjahaja Purnama gubernur DKI Jakarta.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA