Thursday 1 January 2015

Tinjauan 2014: Pengunjung Blog Ini Lebih Suka Artikel Tentang Pemain Muda Indonesia

Pada dini hari 1 Januari 2015 dini hari saya mengecek statistik hit count dari artikel-artikel di blog ini. Lima artikel yang menempati posisi teratas berdasarkan banyaknya hit count tersebut. Lebih lanjut akan dijelaskan dibawah ini.

Posisi kelima ditempati artikel berjudul "Adik-Adik" Paulo Sitanggang Menjuarai Piala Suratin 2014. Ini adalah artikel mengenai keberhasilan Jember United menjuarai piala Suratin, kompetisi nasional untuk level U17. Paulo Sitanggang yang terkenal lewat kiprahnya di timnas U19 adalah jebolan klub Jember Unitedd ini. Artikel ini mencapai 1.87% dari total hit count.

Posisi keempat untuk artikel tentang pemain terbaik LSI 2014 yang tidak dipanggil ke timnas senior untuk piala AFF 2014. Judulnya Kenapa Ferdinand Sinaga Tidak Dipanggil Ke Timnas AFF 2014? Singkatnya, Ferdinand kalah bersaing. Pilihan Alfred Riedl pada Sergio Van Dijk dan Christian Gonzales mungkin karena kedua pemain itu mampu menjadi striker tunggal dalam formasi 4-2-3-1. Ferdinand juga kalah bersaing dengan Samsul Arif yang menunjukkan performa lebih baik tahun ini di timnas senior. Reputasi Boaz Solossa juga lebih menjadi preferensi Riedl bahkan sekalipun pemain ini tidak pernah bermain sebelumnya di timnas asuhan pelatih asal Austria ini. Artikel ini mencapai 3.58% dari total hit count.

Di posisi tiga ada artikel yang membahas siapa saja Pemain Timnas U19 yang Pantas Langsung Masuk Timnas Senior. Penulis merekomendasikan Putu Gede, Evan Dimas, Paulo Sitanggang dan Maldini Pali. Pada kenyataannya hanya Evan Dimas yang dipanggil ke timnas senior ke piala AFF 2014. Itupun baru dimainkan saat timnas sudah tersisih, pada partai terakhir melawan Laos yang sudah tidak menentukan. Artikel ini mencapai 4.74% dari total hit count.

Posisi runner-up adalah artikel yang ditulis sebelum piala dunia 2014, bertajuk Kenapa Kaka, Ronaldinho dan Robinho tak dipanggil ke timnas Brazil Piala Dunia 2014? Topik ini mengangkat mengenai paradigma permainan timnas Brazil asuhan Luis Felipe Scolari menjelang piala dunia 2014. Bagaimana Scolari lebih mempercayai nama-nama seperti Fred dan Jo alih-alih Kaka, Ronaldinho dan Robinho. Artikel ini mencapai 7.94% dari total hit count.

Tempat teratas, cukup mengejutkan, adalah artikel mengenai Fachry Husaini, Pelatih Timnas U19 dan U16 saat ini. Pembaca ternyata antusias mengenai sosok pengganti Indra Sjafri ini, dan tentunya timnas U16 dan U19 yang ditanganinya. Tahun 2015 ini Fachry sepertinya akan tetap jadi pusat perhatiannya, karena anak asuhannya akan menghadapi piala AFF U16 dan U19. Artikel ini mencapai 8.35% dari total hit count.

Mungkin bisa disimpulkan kalau pengunjung blog ini lebih mencari artikel tentang sepakbola dalam negeri daripada sepakbola dunia. Pengunjung juga lebih memilih artikel tentang pemain muda dari pemain senior. Dapat dimengerti karena bagaimanapun yang menjadi buah bibir tahun 2014 adalah timnas U19 asuhan Indra Sjafri.

Referensi:

1. Foto: Evan Dimas Darmono.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA