Sunday 11 January 2015

Pelatih Terbaik Dunia 2014 Adalah ...?

Hari ini 12 Januari 2014 dijadwalkan untuk pemberian penghargan FIFA Ballon d'Or 2014 di Zurich. Daripada membahas kandidat pemain terbaik 2014 yang relatif mudah ditebak, artikel ini akan membahas pelatih terbaik 2014. Beberapa pelatih unggulan menunjukkan performa luar biasa tahun 2014 dan berpotensi terpilih sebagai pelatih terbaik dunia 2014.

Joachim Löw tentu saja adalah salah satu kandidat kuat. Pelatih tim panzer ini sukses membawa Jerman menjadi juara dunia 2014. Sukses yang tidak datang secara instan. Joachim Löw membangun tim ini sejak delapan tahun lalu dan membantu mematangkan talenta-talenta muda Jerman. Jerman tidak terkalahkan di piala dunia 2014 dan berhasil menjadi kampiun setelah memukul Argentina 1-0 di partai puncak.

Ada kandidat lain yang juga membawa timnya menjadi juara dunia. Dialah Carlo Ancelotti yang tahun ini membawa Real Madrid menjadi juara dunia antar klub 2014 dan juara liga Champions Eropa. Ancelotti mampu mengembalikan persatuan tim yang sempat goyah pada akhir masa tugas pelatih sebelumnya Jose Mourinho. Ancelotti juga mampu mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya, lihat bagaimana musim lalu Angel di Maria dipindah menjadi gelandang tengah untuk memberi tempat untuk Gareth Bale di tim utama. Musim ini juga Ancelotti dapat memanfaatkan rekrutan baru Tony Kroos dan James Rodriquez untuk menggantikan peran Di Maria dan Xabi Alonso yang hengkang keluar Madrid.

Kandidat kuat lainnya adalah Diego Simeone dari Atletico Madrid. Tahun ini Simeone membawa timnya menjuarai liga Spanyol, menghentikan dominasi Real Madrid dan Barcelona. Di liga Champions, Atletico menyingkirkan Barcelona dan Chelsea untuk lolos ke babak final, Di partai final di Lisbon Atletico menyerah ditangan Real Madrid dan harus puas dengan posisi runner-up. Dibawah asuhan Simeone, Atletico memainkan sepakbola yang agresif, kuat dan cepat.

Seandainya keputusan pemilihan pelatih terbaik 2014 ada ditangan saya, pilihan saya adalah Diego Simeone. Ancelotti diuntungkan oleh kekuatan finansial Madrid yang mampu mendatangkan pemain-pemain terbaik berharga mahal. Joachim Löw juga beruntung menangani negara yang kaya talenta seperti Jerman,

Simeone tidak punya faktor keberuntungan itu. Atletico Madrid bukan tim yang secara tradisi selalu mampu bersaing di papan atas. Kondisi keuangan klub ini tidak menggembirakan. Alih-alih mendatangkan pemain megabintang, Atletico lebih sering terdengar menjual pemain megabintang yang mereka miliki seperti Fernando Torres, Sergio Aguero, Radamel Falcao dan Diego Costa. Dengan kondisi keterbatasan itu, Simeone tetap mampu membawa Atletico menjuarai La Liga 2014 dan mencapai final liga Champions 2014.

Menurut saya, pelatih terbaik 2014 adalah Diego Simeone.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA