Thursday 15 January 2015

Louis Van Gaal Masih Belum Melewati David Moyes?

Ada kesan bahwa Louis Van Gaal terkesan lebih sukses dari David Moyes. apalagi mengingat saat ini MU masih berada di zona Champions. Walau begitu sejumlah media menyebut pencapaiannya sama saja dengan Moyes musim lalu. Dalam 21 pertandingan pertama EPL, MU asuhan Van Gaal mendapatkan poin 37, sama persis dengan tim asuhan Moyes tahun lalu.

Situs independent.co.uk menyebut bahwa Van Gaal mendapat lebih banyak dukungan dan dana dari klub untuk mendatangkan pemain-pemain yang dia butuhkan. Pada transfer musim panas LVG mendatangkan Ander Herrera, Daley Blind, Luke Shaw, Angel Di Maria, Marcos Rojo and Radamel Falcao. Tahun lalu transfer musim panas untuk David Moyes hanya mendatangkan satu pemain, yaitu Marouane Fellaini.

Situs theguardian.com membahas lebih jauh lagi. Banyaknya formasi yang telah dicoba Van Gaal mungkin justru membingungkan pemainnya sendiri. Musim ini LVG sudah mencoba 3-5-2, 5-3-2, 4-4-2, 4-4-1-1, 3-1-4-2 and 3-3-2-2.

Lalu dengan nilai sama-sama 37, bagaimana MU saat ini bisa berada di peringkat 4, padahal tahun lalu bersama Moyes mereka berada di peringkat 7?

Musim lalu persaingan memperebutkan EPL sangat ketat. Ada tiga tim bersaing menjadi juara, yaitu Chelsea, Liverpool dan Manchester City. Arsenal juga sempat menjadi favorit juara dan memuncaki klasemen.

Musim ini tingkat persaingan EPL lebih rendah. Chelsea dan Manchester City adalah yang terdepan mengejar gelar juara dan berjarak cukup jauh dengan tim-tim lainnya. Tim kuat lainnya, Liverpool dan Arsenal, tampil mengecewakan sampai paruh musim.

Berikut adalah klasemen sementara EPL musim ini dengan masing-masing klub sudah memainkan 21 pertandingan:
1. Chelsea, nilai 49.
2. Manchester City, nilai 47.
3. Southampton, nilai 39.
4. Manchester United, nilai 37.
5. Arsenal, nilai 36.
6. Tottenham Hotspurs, nilai 34.
7. West Ham, nilai 33.

Bandingkan dengan klasemen musim lalu pasca gameweek 21:
1. Arsenal, nilai 48.
2. Manchester City, nilai 47.
3. Chelsea, nilai 46.
4. Liverpool, nilai 42.
5. Everton, nilai 41.
6. Tottenham Hotspurs, nilai 40.
7. Manchester United, nilai 37.

David Moyes sekarang menangani Real Sociedad. Dalam tujuh pertandingan La Liga dibawah pimpinannya, Real Sociedad mencatatkan hasil dua kemenangan, empat seri dan satu kali kalah. Kemenangan paling penting sampai saat ini adalah saat Real Sociedad mengalahkan Barcelona 1-0 dalam partai la liga 4 Januari lalu.

Referensi:
1. independent.co.uk.
2. theguardian.com.
3. "Eksperimen Gagal Van Gaal", Harian Bola, Selasa 13 Januari 2014.
4. EPL 2013-2014 @ wikipedia.
5. Hasil pertandingan Real Sociedad akhir-akhir ini.
6. Foto: Louis Van Gaal.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA