Saturday 7 March 2015

Timnas Piala AFC U23 Mengangkut Delapan Alumni Garuda Jaya

Timnas piala AFC U23 dipersiapkan untuk menghadapi kualifikasi piala AFC U23 yang akan digelar di Jakarta akhir Maret ini. Indonesia tergabung dalam grup H bersama Korea Selatan, Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Ada sepuluh grup dalam babak kualifikasi ini. Sepuluh juara grup dan lima runner-up terbaik akan melaju ke Piala Asia U23 tahun depan di Qatar. Artinya, untuk lolos timnas harus menjadi juara grup atau menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik.

Mungkin tidak mengherankan jika timnas piala AFC U23 ini ternyata diperkuat oleh banyak mantan pemain timnas U19 saat dilatih Indra Sjafri. Dari 20 pemain yang dibawa ke Vietnam untuk uji coba Senin 9 Maret 2015, ada delapan pemain tim Garuda Jaya. Mereka adalah kiper Ravi Murdianto, bek kanan Putu Gede Juni Antara, bek tengah Rudolof Yanto Basna dan Hansamu Yama Prata, gelandang Evan Dimas dan Paulo Sitanggang, serta penyerang Mukhlis Hadi dan Ilham Udin Armayn. Para alumni Garuda Jaya rata-rata baru 20 tahun, padahal batas usia maksimum yang diperbolehkan adalah 22 tahun.

Dalam timnas piala AFC U23 ini banyak terdapat nama-nama minim pengalaman yang bahkan belum banyak mendapat kesempatan berlaga di ISL. Sebut saja kiper M Natshir Fadhil, bek sayap M Abduh Lestaluhu, bek kiri Andik Rendika Rama, stopper Jajang Maulana, gelandang serang Adam Alis Setyano, sayap kiri Antoni Putro Nugroho dan penyerang Christofer Manuel Sibi.

Nama-nama yang terbilang sudah cukup matang di ISL adalah kiper Teguh Amiruddin, bek/gelandang Manahati Lestusen, winger Hendra Adi Bayauw dan Ahmad Nufiandani, serta gelandang Wawan Febriyanto,

Mengingat kesukaan pelatih Aji Santoso memainkan pola 4-2-3-1, agaknya kendala terbesar adalah mencari striker yang nyaman bermain sebagai penyerang tunggal dan mampu memberikan kontribusi besar untuk tim.

Referensi:
1. http://www.tempo.co/read/news/2015/02/09/099641177/Jadwal-Timnas-U-22-di-Kualifikasi-Piala-Asia.
2. Daftar pemain timnas AFC U23 yang dibawa uji coba ke Vietnam Maret 2015.
3. Foto Aji Santoso.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA