Saturday 28 March 2015

Terancam Tanpa Evan Dimas, Timnas Piala AFC U23 Jangan Meremehkan Brunei

Kemenangan 5-0 atas Timor Leste Jumat 27 Maret 2015 lalu membuat optimisme pendukung Indonesia meletup-meletup. Harian Bola edisi 28-29 Maret 2015 menyebut bahwa "Kemenangan Telak Jadi Harga Mati". Mungkin dasar optimisme itu adalah karena Brunei baru kalah telak 5-0 dari Korea Selatan, dan Brunei selama ini bukanlah negara yang disegani dalam hal sepakbola.

Tapi lebih baik jangan takabur. Jangan lupa bahwa Brunei U21 mengalahkan Indonesia U21 2-0 di final piala Hassanal Bolkiah Cup 2012. Timnas U21 saat itu diperkuat pemain seperti Andik Vermansyah dan Yosua Pahabol.

Peristiwa serupa terjadi di babak penyisihan grup Hassanal Bolkiah Cup 2014. Kalau ini yang ditumbangkan Brunei adalah tim kebanggaan timnas U19 kebanggaan kita. Pasukan Indra Sjafri ini dikalahkan dengan skor 3-1.

Dalam daftar pasukan yang dibawa ke kualifikasi piala AFC di Jakarta ini, ada setidaknya tiga pemain yang ikut menumbangkan tim Garuda Jaya tahun lalu. Bahkan Aminuddin Zakwan ikut tampil dalam kedua partai yang disebut diatas. Gelandang ini menyumbangkan satu gol pada kemenangan Brunei tahun 2012.

Dua pemain lain juga berposisi sebagai gelandang. Mereka adalah Yura Indera Putera dan M Asnawi Syazni. Sayang sekali agak sulit mencari informasi detail tentang pemain Brunei di internet.

Tentu saja Indonesia punya peluang lebih besar untuk memenangkan partai ini. Pertandingan digelar didepan dukungan penonton Jakarta. Moral tim sedang bagus pasca kemenangan besar atas Timor Leste, sementara moral Brunei sedang terpuruk pasca kekalahan dari Korea.

Tapi timnas juga tak lepas dari masalah. Gelandang Zulfiandi yang endapat kartu merah saat menghadapi Timor Leste tidak bisa ditampilkan menghadapi Brunei. Paulo Sitanggang bisa menempati posisi Zilfiandi, tapi tipernya berbeda. Jika Zulfiandi adalah gelandang box-to-box, Paulo lebih cenderung menjadi deep-lying playmaker.

Pukulan yang lebih telah adala cederanya Evan Dimas. Belum bisa dipastikan apakah robekan di bahu kiri Evan Dimas akan pulih sebelum waktu pertandingan menghadapi Brunei hari ini 29 Maret 2015. Pelatih Aji Santoso sudah memikirkan alternatif pemain untuk menggantikan Evan Dimas. Safri Al Irfandi disebut-sebut menjadi alternatif untuk posisi Evan Dimas Darmono.

Referensi: 

1. Foto: Evan Dimas Darmono.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA