Friday 20 March 2015

Saat Manchester United Dipastikan Nirgelar Musim Ini

Perempat final piala FA di Old Trafford menghadapi Arsenal tanggal 9 Maret 2015 lalu adalah partai penting bagi Manchester United. Piala FA adalah peluang terakhir MU untuk memenangkan suatu gelar musim ini. Piala Liga sudah dimenangkan oleh Chelsea, dan di EPL juga Chelsea cukup jauh meninggalkan lawan-lawannya.

Tentu saja Arsenal tak membiarkan pertandingan berjalan sesuai keinginan MU. Mereka adalah juara bertahan piala FA, dan Arsenal berniat mempertahankan gelar. Piala FA jadi tumpuan Arsenal untuk memenangkan suatu gelar musim ini setelah kekalahan 0-3 di kandang dari Monaco menipiskan peluang mereka terus melaju di Liga Champions.

Arsenal tampil mengambil insiatif menyerang sejak awal pertandingan. Di awal pertandingan mereka aktif menyerang dari sisi kiri. Peluang mulai datang untuk Arsenal. Apalagi setelah barisan kanan Arsenal juga mampu mengatasi barisan belakang MU untuk melancarkan tekanan ke gawang MU. Gol tercipta setelah sayap kanan Alex Oxlade Chamberlain yang melewati hadangan sejumlah pemain MU berhasil mengirim umpan akurat  pada bek kiri Nacho Monreal di kotak penalti, yang memanfaatkannya untuk menjebol gawang MU. Skor 1-0 untuk Arsenal.

Musim lalu Arsenal masih bermasalah dalam transisi serangan ke pertahanan. Musim lalu Mourinho dan Chelsea memanfaatkannya saat menghantan Arsenal enam gol tanpa balas pada 22 Maret 2014. Barangkali kekalahan itu ikut berperan sehingga Arsene Wenger bertindak memperbaiki lini belakang Arsenal.

Sekarang Arsenal sudah lebih bagus dalam transisi menyerang ke bertahan. Pemain-pemain Arsenal sudah mulai terlihat merebut bola atau melancarkan tackle sejak dini untuk mencegah MU melakukan serangan balik. Di lini pertahanan sendiripun, Arsenal mampu membentuk tembok untuk membendung gempuran pemain MU.

Kelemahan lini belakang Arsenal  mungkin adalah bola atas, Terbukti bahwa gol balasan MU di babak pertama datang dari sundulan Wayne Rooney menyambut umpan silang Angel Di Maria. Skor imbang 1-1 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Arsenal tidak lagi terlihat mendominasi. MU terlihat punya rencana sendiri dengan mengandalkan di Maria. Peluang terbaik MU datang saat Di Maria menerima umpan dari Maroanne Fellaini, membawanya memasuki kotak penalti, tapi sayang tembakannya masih menyamping ke kanan gawang Szczesny.

Tembakan gawang David Gea tidak berbahaya, langsung mengarah ke pemain-pemain MU. Phil Jones menerimanya lalu mengirim bola ke Antonio Valencia yang berdiri didekatnya. Bencana datang saat Valencia mengirim back pass menuju kiper David De Gea, Bola malah dikuasai striker Arsenal Danny Wellbeck. Mantan striker MU ini melakukan trik untuk melewati De Gea dan lalu mencetak gol ke gawang klub yang membesarkannya.

Kartu merah untuk Di Maria makin mempersulit upaya MU mengejar ketertinggalan. Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan. Gol Wellbeck menyingkirkan MU dari piala FA dan memaksa MU menjalani musim ini nirgelar.


MU (4-5-1): De Gea (GK), Valencia (RB), Smalling (CB), Rojo (CB)/Januzaj, Shaw (LB)/Jones, Blind (DMC), Fellaini (MC), Herrera (MC)/Carrick, Di Maria (MR), Young (ML), Rooney (FC).

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny (GK), Bellerin (RB)/Chambers, Mertesacker (CB), Koscielny (CB), Monreal (DL), Coquelin (DMC), Cazorla (DMC), Oxlade-Chamberlain (MR)/Ramsey, Ozil (MC), Sanchez (ML), Wellbeck (FC)/Giroud.

Referensi:1. Foto: Danny Wellbeck.
2. Highlight pertandingan ini
3. Daftar pemain dan formasi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA