Sunday 8 March 2015

Pemprov DKI Jakarta Batal Membeli Persija Jakarta?

Rencana pemprov DKI Jakarta membeli klub Persija Jakarta sempat santer diberitakan awal tahun ini. Rencana pembelian ini sudah  direstui PSSI. Rencana pemprov membeli Persija melalui BUMD Jakarta Propertindo (JakPro) disebut tidak melanggar aturan.

Pemilik Persija saat ini adalah PT Persija Jaya Jakarta. Perusahaan inilah yang memiliki lisensi untuk berlaga di ISL atas nama Persija Jakarta. Belakangan ini Persija memang terkesan memiliki masalah keuangan. Persija sempat dibayangi sanksi jika tidak bisa membayar gaji ke pemain dan ofisial musim. Baru pada jumat 13 Februari 2015 akhirnya Persija melunasi tunggakannya.

Dalam proses negosiasi pembelian ini, muncul fakta yag mengejutkan. Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyebut kalau Persija Jakarta memiliki hutang senilai 76 milyar. Jumlah yang sangat besar karena setara dengan anggaran Persija selama dua musim. Tak heran kalau Ahok menyebutkan Persija sudah "bangkrut".

Gubernur Ahok sendiri punya rencana besar dengan Persija jika jadi dibeli pemprov melalui Jakpro. "Perusahaan Persija di bawah Jakpro jadi dia bisa dibangun. Keren banget nantinya. Punya gedung sendiri, hari biasa orang bisa datang, bila perlu punya hotel, punya tempat beli pernak-pernik,” demikianlah penuturan Ahok.

Sayangnya proses pembelian ini terancam gagal. Dengan penilaian kondisi keuangan seburuk itu, wajar jika Ahok menuntut saham 95 persen atau lebih untuk pemprov. Sementara pihak pengelola PT Persija Jakarta saat ini hanya bersedia melepas 60 persen untuk pemprov DKI.

Referensi:
1. Foto: gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA