Monday 9 March 2015

Menebak Tim Inti timnas Piala AFC U23

Timnas piala AFC U23 sudah menyelesaikan jadwal ujicoba sebelum maju ke kualifikasi piala AFC U23 akhir Maret ini di Jakarta. Dari serangkaian ujicoba yang dilakukan, kita akan mencoba memprediksi siapakah yang akan dipercaya menjadi pilihan utama di tim inti. Patut diingat bahwa pelatih Aji Santoso adalah penggemar formasi 4-2-3-1.

Penjaga gawang Natshir Fadil (Persib) agaknya akan menjadi pilihan utama Aji. Walaupun miskin pengalaman ISL dan bukan pilihan utama di klubnya, Natshir Fadil menjadi pilihan utama Aji dalam dua uji coba terakhir menghadapi Malaysia dan Vietnam. Pesaingnya adalah Teguh Amiruddin (Barito Putera) yang justru lebih kaya pengalaman berkompetisi di ISL. Mantan kiper timnas U19 Ravi Murdianto (Mitra Kukar) agaknya sulit bersaing dengan mereka.

Hansamu Yama dan Manahati Lestusen menjdi pilihan utama sebagai duet lini tengah. Keduanya berasal dari klub Barito putera. Hansamu selalu dimainkan dalam empat pertandingan uji coba terakhir. Manahati adalah kapten dari tim ini. Hal yang wajar mengingat Manahati memang paling kaya pengalaman, tercatat memperkuat timnas senior di piala AFF 2014, timnas Asian Games 2014. timnas Sea Games 2013. Jebolan program SAD Uruguay juga sempat mencicipi kompetisi Belgia lewat klub CS Vise.

Abduh Lestaluhu (Persija) diprediksi akan menjadi menempati salah satu posisi bek sayap. Pemain ini bisa bermain sebagai bek sayap kanan maupun kiri. Satu posisi lagi akan diperebutkan bek kanan Putu Gede (Persebaya) atau bek kiri Andik Rendika Rama (Persela).

Wawan Febriyanto (Pelita Bandung Raya) diprediksi akan berpasangan dengan Paulo Sitanggang (Barito Putera) sebagai gelandang bertahan. Di depan mereka ada gelandang serang Evan Dimas. Di timnas U19 dulu Evan Dimas dikenal sebagai gelandang yang produktif mencetak gol. Sayangnya produktivitas itu belum mampu diulanginya di timnas piala AFC U23 ini. Sangat disayangkan karena tim ini minim pencetak gol, sementara Evan Dimas (Persebaya) adalah pemain yang paling punya reputasi soal ketajaman menjebol gawang lawan.

Pemain muda terbaik ISL 2014, Hendra Bayauw (Semen Padang) agaknya akan dipercaya menempati posisi sayap kiri. Sayap akan sepertinya akan dipercayakan kepada Adam Alis (Persija). Sektor ini sangat penting karena secara tradisional sepakbola Indonesia mengandalkan kecepatan sayap-sayapnya dalam melakukan serangan. Opsi alternatif di posisi sayap adalah Ilham Udin Armayn (Persebaya).

Lini depan agaknya paling tidak meyakinkan. Posisi striker tunggal adalah yang paling pelik, karena belum ada pemain yang terbukti mumpuni di posisi ini. Agaknya pilihan Aji akan jatuh kepada Antoni Putro Nugroho (Barito Putra). Cristofer Sibi (Persipura) dan Mukhlis Hadi (PSM) menjadi penyerang pelapis.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA