Thursday 12 March 2015

Nilai Jual Sepakbola Bali

Saat Pieter Tanuri memutuskan memindahkan markas klub yang baru dibelinya ke Bali, tentunya sudah melalui pertimbangan matang. Klub yang beralih nama menjadi Bali United Pusam FC adalah satu-satunya klub ISL di Bali. Masalahnya bagaimana caranya agar masyarakat Bali merasa memiliki tim ini dan datang mendukung dalam setiap laga kandang.

Direkrutnya Indra Sjafri sebagai pelatih Bali United menunjukkan keseriusan Pieter Tanuri dalam merebut simpati khalayak Bali. Indra Sjafri adalah seorang pelatih terkenal yang menjadi buah bibir masyarakat saat melatih timnas U19. Pilihan ini bukannya tanpa resiko, karena Indra Sjafri belum pernah melatih klub ISL sebelumnya.

Pemain asli Bali juga menjadi faktor yang sangat penting untuk merebut simpati publik Bali. Untuk itu Bali United serius menyeleksi putra daerah Bali yang layak untuk berlaga di ISL. Terpilihlah lima pemain putra daerah untuk bergabung, yaitu bek kanan I Komang Adi Parwa, bek kiri Felisianus Junius Bate, bek tengah I Nengah Sulendra, bek tengah I Ketut Mahendra, gelandang I Nyoman Sukarja,

Mungkin Pieter Tanuri juga sudah memikirkan nilai klubnya untuk siaran langsung televisi. Pertama karena mereka punya pelatih terkenal Indra Sjafri. Kedua karena Bali yang eksotis terkenal dalam hal pariwisata. Ketiga karena letaknya yang dekat dengan pula Jawa, sehingga stasiun televisi tidak mengalami masalah infrastruktur siaran langsung.

Mungkin karena itu statiun televisi stasiun televisi RTV menayangkan siaran langsung turnamen pramusin Bali Island Cup 2015 langsung dari stadion Kapten Dipta, Gianyar Bali. Turnamen ini berlangsung 12 sampai 16 Maret 2015, diikuti oleh Persib Bandung, Pelita Bandung Raya, Persiram Raja Ampat dan tuan rumah Bali United Pusam.

Referensi:

1. Foto: Uluwatu.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA