Tuesday 31 March 2015

Timnas Korea Selatan di Piala AFC U23 Bukan Tim Yang Dikalahkan Evan Dimas Cs Dua Tahun Lalu

Timnas Korea Selatan U23 yang tampil di kualifikasi piala AFC U23 di Jakarta bukanlah tim yang dikalahkan timnas U19 asuhan Indra Sjafri tiga tahun lalu. Angkatan tim Garuda Jaya ini rata- rata kelahiran 1995 dan 1996. Mereka dianggap istimewa sehingga cukup mendominasi timnas Indonesia U23. Fenomena seperti itu tak terjadi di Korea Selatan. Hampir semua pemain Korea Selatan U23 lahir tahun 1993 atau 1994.

Hanya ada satu  pemain Korea yang bermain sejak menit awal dalam kekalahan dua tahun lalu. Dialah gelandang Lee Gwang-hyeok, gelandang yang bermain untuk klub Pohang Steelers. Pemain ini turun sejak menit awal pada partai Korea Selatan melawan Timor Timur dan mencetak dua gol.

Pemain Korea Selatan U23 umumnya berkompetisi di Jepang atau Korea, di kompetisi kasta pertama atau kedua. Hanya ada satu pemain yang berkompetisi di Jerman, yaitu Ryu Seung-woo. Gelandang ini terikat kontrak dengan klub Bundesliga Bayer Leverkusen, tapi sedang dipinjamkan ke Eintracht Braunschweig yang berkompetisi di kasta kedua liga Jerman.

Korea Selatan sepertinya sangat menjaga kebugaran pemainnya, terlebih karena dalam kualifikasi piala AFC U23 ini mereka harus bermain dua kali sehari. Tim yang diturunkan saat membekuk Brunei 5-0 berbeda dengan tim yang menundukkan Timor Leste 3-0. Hanya kapten Yeon Jeimin yang selalu dimainkan dari awal pada dua partai itu. Artinya, Korea Selatan dalam kondisi kebugaran prima saat menghadapi pasukan Aji Santoso 31 Maret 2015.

Akhirnya, selamat berjuang untuk timnas U23. Semoga sukses lolos ke putaran final piala AFC U23 di Qatar tahun depan, sebagai juara grup atau salah satu runner-up terbaik.

Referensi:

1. Foto: Aji Santoso.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA