Thursday 17 March 2016

Menanti Rekor Baru Gianluigi Buffon

Italia adalah negara yang banyak nenghasilkan kiper tangguh. Sebut saja nama Dino Zoff, Walter Zenga atau Gianluca Pagliuca. Sepertinya ini tak lepas dari tradisi defensif catenaccio dalam sepakbola Italia.

Di negara yang melahirkan banyak kiper hebat, ternyata ada kiper yang bisa mendominasi dalam waktu lama. Dialah Gianluigi Buffon, kiper veteran yang saat ini sudah berusiah 38 tahun. Buffon sudah 15 tahun menjadi kiper utama timnas Italia dan lima belas musim menjadi anggota skuad inti Juventus.

Selama di Juventus, Buffon pernah bersaing dengan Antonio Chimenti, Alex Manninger dan Marco Storari. Di timnas azzuri juga Buffon harus membuktikan diri lebih baik dari Fransesco Toldo, Angelo Peruzzi dan Salvatore Sirigu. Nyatanya kiper yang sudah menjadi pilihan utama di Parma sejak usia 18 tahun itu sulit digoyahkan dari tim inti. Saat ini pun Buffon masih dipandang sebagai salah satu kiper terbaik dunia.

Justifikasi dominasi Buffon adalah prestasi. Ketangguhan di bawah mistar gawang adalah faktor penting dalam kesuksesan Italia memenangkan gelar juara dunia 2010. Di level klub, Buffon sudah mengoleksi 6 gelar juara serie A dan satu gelar kampiun coppa Italia bersama Juventus. Saat masih bersama Parma koleksi gelar Buffon adalah satu gelar juara piala UEFA dan satu gelarnjuara coppa Italia.

Dan sebuah rekor menanti Buffon. Saat ini Buffon telah sukses menjaga gawang Juventus tidak kebobolan di serie A selama 926 menit. Rekor dipegang oleh Sebastiano Rossi, kiper dream team AC Milan  yang mencatatkan 929 menit tak kebobolan di musim 1992-1993.

Laga serie A berikutnya adalah melawan derby Torino pada ahad 20 Maret 1016 mulai 21:00 WIB. Buffon cukup menjaga gawangnya dari serangan tuan rumah Torino selama empat menit, dan rekor akan menjadi miliknya. Keberhasilannya tentu tergantung pada performa Buffon, rekan-rekannya di Juventus dan upaya Torino menggagalkan rival sekota mereka berpesta . Tapi satu hal yang jelas, Buffon punya kualitas layak untuk menjadi pemegang rekor kiper yang menjaga gawangnya tak kebobolan sepanjang sejarah serie A.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Gianluigi_Buffon
https://en.wikipedia.org/wiki/Juventus_F.C.
https://en.wikipedia.org/wiki/2002%E2%80%9303_Juventus_F.C._season
https://en.wikipedia.org/wiki/2011%E2%80%9312_Juventus_F.C._season
https://en.wikipedia.org/wiki/UEFA_Euro_2004_squads#Italy
https://en.wikipedia.org/wiki/2010_FIFA_World_Cup_squads#Italy
http://www.usatoday.com/story/sports/soccer/2016/03/17/buffon-set-to-break-22-year-old-record-in-derby-at-torino/81922828/
https://en.wikipedia.org/wiki/Sebastiano_Rossi

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA