Wednesday 9 March 2016

Zidane vs Luis Enrique Sebagai Manajer Sepakbola

Masa jaya Zinedine Zidane dan Luis Enrique sebagai pemain adalah di dekade 90an dan awal abad 21. Zidane sering dianggap sebagai pemain terbaik di generasinya, sudah mengumpulkan gelar piala dunia, piala Eropa, liga Champions, serie A dan la liga. Reputasinya sebagai pemain tentunya diatas Luis Enrique.

Kedua nama ini jadi menarik untuk dibandingkan pasca Zinedine diangkat menjadi manajer Real Madrid menggantikan Rafa Benitez. Barangkali pihak klub ingin berkaca pada Barcelona yang ditantangani oleh mantan pemainnya sendiri, Luis Enrique. Agaknya Madrid ingin agar Zidane mampu menghasilkan kesuksesan serupa untuk El Real.

Tapi pilihan Madrid mungkin terlalu gegabah. Zidane masih miskin pengalaman melatih, sementara klub saingan Barcelona sering dianggap sebagai klub terbaik dunia saat ini. Rasanya tugas ini terlalu berat untuk Zidane. Saat ini Real Madrid malah posisi ketiga, dilewati oleh Atletico Madrid di posisi kedua.

Zidane dan Luis Enrique sama-sama pernah menangani tim B dari klub mereka saat ini. Zinedine Zidane menangani Real Madrid Castilla yang bermain di kasta mulai musim 2014-2015. Hasilnya tidak begitu mengesankan. Real Madrid Castilla mengakhiri musim di posisi 6 Segunda Division B dan gagal promosi ke Segunda Division.

Reputasi Luis Enrique lebih menjulang bersama Barcelona B yang ditanganinya dari 2008 hingga 2011. Waktu tiga tahun bersama Barcelona B telah membentuk Luis Enrique menjadi pelatih yang hebat. Di musim pertama Luis Enrique memang hanya membawa Barcelona B ke posisi 5 Segunda Division B. Tapi di musim kedua dia sudah mampu untuk membawa Barcelona B promosi ke Segunda Division. Di musim berikutnya dia malah mampu membawa Barcelona B promosi ke kasta teratas la liga, yang sayangnya terganjal peraturan yang melarang Barcelona dan Barcelona B berkompetisi di divisi yang sama.

Seharusnya Real Madrid memberi waktu lebih lama pada Zinedine Zidane mengasah diri di Real Madrid Castilla dan tidak buru-buru dibebani tugas berat menjadi manajer tim utama Real Madrid.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Zinedine_Zidane
https://en.wikipedia.org/wiki/Luis_Enrique_(footballer)
https://en.wikipedia.org/wiki/Real_Madrid_Castilla
https://en.wikipedia.org/wiki/FC_Barcelona_B

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA