Tuesday 8 March 2016

ISC Dalam Tanda Tanya

Rencananya kompetisi Indonesia Soccer Championship atau ISC akan mulai digelar 15 April nanti. Kompetisi ini aslinya direncanakan menjadi pengganti ISL yang tidak bisa dilaksanakan karena terkendala pembekuan PSSI. Walau pesertanya sama dengan ISL, kompetisi ISC tidak melibatkan PSSI dan semangatnya lebih pada kompromi dengan realita pembekuan PSSI agar kompetisi sepakbola profesional Indonesia tidak terhenti.

Tapi keputusan MA yang memenangkan PSSI dalam sidang kasasi mengubah keadaan. Pihak PSSI yakin bahwa putusan kasasi adalah sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Bahkan sekalipun menpora mengajukan peninjauan kembali (PK), eksekusi hasil putusan kasasi tetap dapat segera dilakukan.

PSSI tidak membuang waktu untuk menunjukkan eksistensinya. Mereka mulai mengambil ancang-ancang menyelenggarakan kembali kompetisi ISL. Alhasil kelanjutan kompetisi ISC sekarang malah dipertanyakan.

Sementara itu kemenpora agaknya belum "menyerah". Kemenpora mengundang klub-klub ISL dan divisi utama untuk menghadiri pertemuan di Jakarta pada jumat 11 Maret 2016 jam 10:00. Agenda pertemuan adalah "guna mewujudkan reformasi tata kelola sepakbola Indonesia".

Sebuah catatan yang harus diingat adalah status Indonesia masih dalam sanksi FIFA. Kemenangan PSSI di pengadilan kasasi tidak serta merta mencabut sanksi FIFA tersebut. Masih diperlukan
kerjasama dan jiwa besar pada para stakeholder sepakbola tanah air untuk menghentikan sanksi FIFA tersebut.

Referensi:
http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2016/02/26/20732172/indonesia-soccer-championship-nama-baru-spirit-baru
http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2016/03/08/21113272/kemenpora-agendakan-pertemuan-dengan-klub?ICID=SP
http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2016/03/08/21109022/menangi-kasasi-pssi-siap-gelar-isl-lagi?ICID=SP

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA