Saturday 5 March 2016

Marcus Rashford: Akankah Akademi MU Akhirnya Mengorbitkan Striker Hebat?

Sir Alex Ferguson adalah manajer hebat yang banyak mengorbitkan pemain hebat lulusan akademi MU, misalnya Gary Neville, Philip Neville, Nicky Butt, David Beckham, Paul Scholes, jarang  dan Ryan Giggs. Tapi dari sekian banyak pemain hebat yang diorbitkan Sir Alex, jarang ada yang menjadi striker hebat, seperti sudah dibahas oleh blog ini sebelumnya di di artikel ini, Striker didikan terbaik Sir Alex seperti Danny Wellbeck dan Guiseppe Rossi agaknya belum bisa disebut sebagai striker hebat.

Dalam hal ini Louis Van Gaal mungkin bisa melakukan hal yang tidak berhasil dilakukan Fergie. Seorang striker muda lulusan akademi MU menjadi buah bibir setelah diberi kesempatan tampil oleh LVG. Namanya Marcus Rashford,

Talenta Rashford sebenarnya sudah cukup lama terdeteksi di Inggris. Terbukti dia sudah dipanggil memperkuat timnas Inggris U16 pada tahun 2012 saat baru berusia 14 tahun. Rashford tercatat tampil dua kali untuk timnas Inggris U16 tanpa mencetak gol.

Tahun 2013 adalah tahun yang bagus untuk Rashford. Tampil dalam 50 kesempatan bersama Manchester United U18, Rashford mencetak 20 gol dan 4 assist. Tahun 2014 giliran timnas Inggris U18 yang memanggil Rashford. Disini Rashford mencatatkan dua penampilan tanpa mencetak gol.

Tahun 2015 Rashford tampil bersama Manchester United di UEFA youth league. Walaupun MU tersingkir di fase grup, Rashford mencatatkan 3 gol dari tiga penampilan. Tahun ini juga Rashford dipromosikan ke tim Mnchester United U21.

Debut Rashford di EPL adalah pada 21 November 2015 sebagai pemain pada pertandingan melawan /Watford. Tapi penampilan striker 18 tahun ini yang mulai betul-betul menarik perhatian publik adalah saat tampil sejak menit pertama pada 25 Februari 2016 dalam partai liga Europa melawan Midtylland. Partai itu berakhir 5-1 untuk kemenangan MU dengan Rashford mencetak dua gol.


Kejutan lebih besar terjadi tiga hari berikutnya. Menjamu tim kuat Arsenal, Manchester United menang 3-2. Di partai ini Rashford tampil gemilang dengan mencetak dua gol Striker setinggi 180 cm juga memberi assist pada Ander Herrera untuk gol ketiga.





Referensi:
https://www.whoscored.com/Matches/1035358/Live
https://www.whoscored.com/Matches/959844/Live
https://www.whoscored.com/Players/300299
http://football-wonderkids.co.uk/player/marcus-rashford/
http://www.manutd.com/en/Fixtures-And-Results/Match-Reports/2016/Feb/match-report-manchester-united-v-midtjylland-europa-league.aspx
https://en.wikipedia.org/wiki/2015%E2%80%9316_UEFA_Youth_League_group_stage

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA