Tuesday 29 March 2016

Kembalinya Ravi Murdianto

Nama Ravi Murdianto berkibar pernah bersama timnas garuda jaya. Ravi adalah kiper utama timnas U19 asuhan pelatih Indra Sjafri. Kepahlawanan Ravi kentara di partai final piala AFF U19 2013 yang harus diselesaikan dengan adu penalti. Dalam pertandingan itu Ravi Murdianto mementahkan dua penalti Vietnam, hal yang krusial untuk membawa Indonesia memangkan gelar juara piala AFF U19.

Lulus dari timnas U19, karir Ravi tak bersinar cerah. Seperti banyak pemain muda lainnya, Ravi kesulitan untuk bersaing dengan kiper-kiper yang lebih senior. Terbukti Ravi tak dipanggil bergabung ke timnas Sea Games 2015.

Setelah menpora dibekukan PSSI, Ravi Murdianto dan sejumlah pemain muda lain memilih bergabung dengan TNI. Sebagai anggota TNI, Ravi ikut bergabung dengan PS TNI asuhan pelatih Suharto yang berlaga di piala jenderal Sudirman.  Sayang Ravi masih gagal menjadi pilihan utama, kalah bersaing dari kiper lain.

Singkat kata, tahun 2015 bukanlah tahun yang remilang untuk Ravi Murdianto. Bintang muda yang tadinya diharapkan menjadi kiper masa depan Indonesia harus merasakan kerasnya persaingan. Transisi dari pemain muda menjadi pemain senior bukanlah hal yang terjadi serta merta. Pemain dengan reputasi seperti Ravi Murdianto juga harus membuktikan kualitasnya dengan performa.

Peluang datang bagi Ravi setelah posisi pelatih PS TNI beralih ke Judan Ali. Pelatih asal Inggris ini bertugas mempersiapkan tim PS TNI yang berlaga di piala Bhayangkara. Pergantian posisi pelatih ini adalah hal momen tepat untuk Ravi berjuang merebut posisi di tim inti.

Perjuangan Ravi mulai membuahkan hasil. Dari empat parta yang dijalani PS TNI di piala Bhayangkara, Ravi Murdianto dipercaya sebaga kiper utama di partai terakhir melawan Mitra Kukar. Pertandingan ini berakhir imbang 1-1.

Ravi Murdianto masih harus berjuang untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan beraksi di pertandingan resmi.

Referensi:
http://membacaarahbola.blogspot.co.id/2015/12/rekapitulasi-grup-c-piala-jenderal.html
http://sport.bisnis.com/read/20130922/58/164534/final-piala-aff-u-19-hasil-indonesia-vs-vietnam-skor-live
http://topskor.co.id/football/news/6/liga-indonesia/2016/03/19/20560/ps-tni-pakai-jasa-pelatih-asal-inggris-di-piala-bhayangkara
https://m.tempo.co/read/news/2016/03/26/237757111/piala-bhayangkara-ps-tni-dan-mitra-kukar-bermain-imbang-1-1

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA