Sunday 20 March 2016

Timnas Italia Rasa Brazil

Pemanggilan pemain naturalisasi ke timnas sudah jadi hal yang lumrah untuk mengejar prestasi. Di timnas Spanyol saat menjuarai piala Eropa 2008 ada Marcos Senna, gelandang kelahiran Brazil. Sebelumnya ada David Camoranesi, gelandang kelahiran Argentina yang ikut berperan bantu Italia menjadi juara dunia 2006.

Menjelang ujicoba akhir bulan ini menghadapi Spanyol dan Jerman, pelatih timnas Italia Antonio Conte memanggil tiga pemain kelahiran Brazil. Salah satu diantaranya, Thiago Motta dari PSG tentu sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepakbola. Dua nama lain relatif belum akrab di telinga: Jorginho dan Eder Martins.

Gelandang sarat pengalaman Thiago Motta sedang berjaya bersama PSG. Barangkali timnas Italia bisa memanfaatkan kolaborasinya dengan rekan seklub di PSG, yaitu Marco Verrati. Mungkin juga Motta dibutuhkan untuk bekerjasama dengan Ricardo Montolivo, atau justru untuk menjadi kompetitor bagi Montolivo.

Jorginho walaupun kelahiran Brazil, sudah pindah ke Italia sejak muda. Jorginho tumbuh besar di Italia dan membangun karir sepakbolanya di Italia. Gelandang bertahan ini sudah mencatatkan 4 assist untuk Napoli musim ini di serie A.

Éder Citadin Martins justru saat ini kurang bersinar di Internazionale. Ketajamannya selama memperkuat Sampdoria masih belum muncul. Tapi pemain yang bsa bermain sebagai gelandang serang, sayap maupun striker ini sudah setahun bermain untuk timnas Italia dan sudah mencetak dua gol. Apalagi Italia saat ini memang bisa dibilang kekurangan striker berkualitas.

Walaupun sah-sah saja menggunakan pemain naturalisasi, masalah di sepakbola Italia tidak bisa dibantah. Saat ini yang bisa disebut pemain bintang hanya pemain veteran seperti Gianluigi Buffon dan Andrea Pirlo. Italia saat ini kesulitan untuk mendidik bintang-bintang baru yang bisa disetarakan dengan Buffon, Cannavaro, Nesta, Maldini, Pirlo dan Del Piero.

Referensi:
http://news.yahoo.com/jorginho-bernardeschi-azzurri-no-balotelli-210736868--sow.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Jorginho_(footballer,_born_1991)
https://www.whoscored.com/Teams/276
https://en.wikipedia.org/wiki/%C3%89der_(Italian_footballer)
https://www.whoscored.com/Teams/75

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA