Tuesday 15 March 2016

FIFA Menunggu "Proposal" Solusi Dari Menpora

Pergantian kepemimpinan di tubuh FIFA membawa harapan baru pada pemerintah Indonesia. Presiden Jokowi mengungkapkan keinginan untuk mengirim delegasi ke markas FIFA di Zurich, Untuk itu pihak kemenpora telah mulai membuka komunikasi dengan pengurus baru FIFA dalam bentuk surat.

Ternyata FIFA membalas surat kemenpora tersebut. Menanggapi niat pemerintah mengirim delegasu, FIFA tidak serta merta menyatakan menolak atau menerima. Mereka lebih fokus pada solusi apa yang diinginkan oleh kemenpora. Agaknya mereka tidak ingin menemui delegasi utusan pemerintah tanpa mengerti lebih dulu solusi seperti apa yang sebenarnya diinginkan pemerintah.

Selama ini menpora selalu mendelegasikan tugasnya memberikan solusi kepada pihak lain. Untuk menggantikan PSSI selama sanksi dibentuk tim transisi. Untuk menghadapi FIFA menpora berencana membentuk tim kecil. Sementara dalam hal solusi mendasar untuk penyelesaian sepakbola Indonesia justru tidak jelas. Menpora sering menuding pihak lain mafia tapi tidak pernah serius melakukan pengusutan bersama pihak kepolisian. Menpora sering menuduh pihak lain tidak transparan, sementara sampai saat ini publik belum tahu dari mana sebenarnya sumber dana penyelenggaraan piala kemerdekaan oleh tim transisi tahun lalu, sementara secara kasat mata jelas bahwa ajang itu miskin sponsor.

Jadi kali ini FIFA bersedia untuk lebih mendalami masalah Indonesia. Walaupun sudah menyiapkan jalur solusi leat tim ad hoc, mereka siap mendengarkan solusi versi menpora tentang penyelesaian kisruh ini. Setelah itu baru mereka melakukan penilaian apakah solusi tersebut bisa diterapkan atau tidak.

Berikut adalah kutipannya dari surat FIFA tersebut:


"Kami menghargai komitmen Anda untuk memperkuat dan mengembangkan sepakbola di Indonesia, suatu komitmen yang sama dengan FIFA. Lebih lanjut lagi, kami juga memahami bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ingin mengirimkan perwakilan ke Zurich untuk bertemu dengan presiden FIFA dan mendiskusikan solusi untuk membenahi masalah yang melanda perkembangan sepakbola Indonesia saat ini.

"Pada prinsipnya, kami menyambut inisiatif itu dan menantikan kelanjutan hubungan baik antara pemerintah Indonesia juga dengan federasi sepakbola Indonesia (PSSI). Namun, kami dengan rendah hati meminta, sebelum adanya pertemuan yang dimaksud, Anda berkenan untuk memberikan gambaran rinci kepada kami tentang solusi yang ada dari Anda untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi PSSI.

"Informasi itu akan sangat membantu kami mengembangkan pemahaman yang lebih baik untuk menjadi panduan selama pertemuan nanti dan apakah yang hadir (di pertemuan) sebaiknya diperluas dengan melibatkan pemangku kepentingan yang lain."



Referensi:http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2016/03/14/21299042/balas-surat-kemenpora-fifa-kembali-minta-penjelasan?ICID=SP
http://www.goal.com/id-ID/news/1391/indonesia-super-league/2016/03/15/21301612/menpora-fifa-baru-menghargai-upaya-pemerintah-indonesia?ICID=AR_FS_3

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA