Tuesday 19 July 2016

Menggantikan Messi Di Posisi Maradona

Kegagalan Argentina menjuarai Copa America Centenario 2016 terasa pahit bagi Lionel Messi. Bintang Argentina ini memutuskan untuk mundur dari timnas. Keputusan yang mengagetkan karena Messi masih 29 tahun dan diatas masih bisa bertahan beberapa tahun lagi di penampilan terbaiknya.

Menurut saya tidak mudah menggantikan Messi. Walaupun Argentina masih punya Higuain dan Sergio Aguero , performa mereka di tim nasional tanpa Messi masih dipertanyakan. Apalagi karakter permainan mereka berbeda dengan Messi.

Selama tiga puluh tahun terakhir ini, permainan timnas Argentina selalu dikendalikan oleh seorang penyerang yang juga punya kemampuan mundur ke belakang untuk mundur ke belakang. Posisi ini penulis sebut sebagai "posisi Maradona". Di dekade delapan puluhan, timnas Argentina konon disusun untuk memaksimalkan potensi istimewa Maradona. Dengan pendekatan itu, Argentina sukses menjuarai piala dunia 1986.

Pasca Maradona, timnas Argentina biasanya masih mempertahankan "posisi Maradona" ini. Ariel Ortega dan Juan Roman Riquelme tampil sebagai suksesor Maradona. Beberapa tahun terakhir posisi ini jatuh ke tangan Lionel Messi.

Jika Messi betul-betul mundur dari timnas, agaknya yang layak menggantikannya adalah Angel Di Maria. Memang terkadang Di Maria dianggap tampil inkonsisten. Tapi kalau dulu anda sering memperhatikan Maradona, anda mungkin tahu bahwa si megabintang ini juga terkadang tampil buruk. Tapi satu moment of magic saja cukup untuk membalikkan keadaan. Misalnya pada pertandingan Argentina vs Brazil di piala dunia 1990 sebenarnya Brazil tampil ofensif dan dominan, tapi pertandingan berakhir 1-0 untuk kemenangan Argentina, berkat umpan Maradona pada Caniggia.


Bagaimanapun juga Angel Di Maria adalah yang paling cocok untuk posisi ini. Musim lalu dia mencetak 10 gol dan mencatatkan 18 assist bersama PSG di liga Perancis. Walaupun sering bermain di posisi sayap, Angel Di Maria juga pernah bermain sebagai gelandang tengah di Real Madrid.

Walaupun bukan penggemar Lionel Messi, Argentina maupun Barcelona, penulis blog ini berharap Messi mempertimbangkan lagi keputusannya dan kembali memperkuat timnas Argentina.

Referensi:https://en.wikipedia.org/wiki/%C3%81ngel_Di_Mar%C3%ADa
https://www.whoscored.com/Teams/304






No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA