Wednesday 6 July 2016

Antoine Griezmann dan Orang-Orang Goth

Sebuah seri komik Asterix membahas tentang orang-orang Goth. Memang mereka bukan tandingan ramuan ajaib sang dukun Panoramix yang bisa Asterix dan rekannya Obelix menjadi super kuat. Tapi Panoramix sudah menyadari kekuatan orang-orang Goth dalam berperang. untuk menghindari invasi dari orang-orang Goth, Panoramix memilih untuk mengadu domba suku-suku Goth. Dengan begitu orang-orang Goth jadi sibuk perang saudara dan lupa untuk menginvasi Eropa.

Invasi suku Goth ini akhirnya terjadi juga seiring dengan melemahnya imperium Romawi. Pada masa Theodoric the Great tahun 523, Goth sudah menguasai sebagian besar pantai laut tengah. Wilayah kekuasaan mereka mencakup wilayah Spanyol. Perancis, Italia, sebagian Balkan, dan sering mengganggu daerah Byzantium.

Di jaman modern, Goth adalah salah satu etnis di Jerman. Sementara Asterix, Obelix dan Panoramix adalah orang Galia, penduduk asli Perancis. Perancis dan Jerman akan bertemu di semifinal Euro 2016 pada jumat dinihari 8 Juli 2016.

Mengikuti logika komik Asterix, mungkin Perancis harus berharap menemukan ramuan Panoramix sebelum pertandingan dimulai. Jerman adalah tim yang sangat kuat. Materi pemain kelas satu, skill bagus, mental kuat, main fisik juga OK. Partai perempatfinal melawan Italia menunjukkan kalau mereka juga bagus dalam menghadapi tim yang mengandalkan strategi.

Tapi Perancis hari ini bukan Galia. Seperti Britania yang diinvasi oleh Anglo dan Saxon, Galia juga diinvasi oleh suku Franka, yang masih dekat kekerabatannya dengan Goth. Dan timnas Perancis terkenal sebagai tim yang punya pemain multikultural seperti Paul Pogba, Anthony Martial, Kingsley Coman, Paul Pogba dan Bacary Sagna.

Btw, sosok Antoine Griezmann yang cukup "mungil" untuk orang Eropa mengingatkan pada Asterix :p

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Goths
https://en.wikipedia.org/wiki/Theoderic_the_Great
https://en.wikipedia.org/wiki/Franks
https://en.wikipedia.org/wiki/France_national_football_team

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA