Saturday 9 July 2016

Pelatih Asing Untuk Timnas Inggris

Kekalahan dari Islandia di babak 16 besar piala Eropa menjadi pukulan berat bagi pelatih Roy Hodgson. Otoritas sepakbola Inggris memutuskan bahwa timnas tiga singa membutuhkan pelatih baru. Ironisnya, saat ini bisa dibilang tidak ada pelatih Inggris yang punya reputasi hebat.

Hanya lima pelatih Inggris di EPL, dan tidak seorang pun yang menanganu tim besar. Mereka adalah Steve Bruce (Hull City), Eddie Howe (AFC Bournemouth), Sean Dyche(Burnley), Alan Pardew (Crystal Palace) dan Sam Allardyce (Sunderland). Padahal Inggris jelas butuh manajer kelas satu untuk meningkatkan pencapai di piala dunia dan piala Eropa.

Bandingkan dengan Italia. Dari 20 tim di serie A saat ini, 16 diantaranya dikomandoi oleh pelatih Italia sendiri. Italia bahkan mampu mengekspor empat pelatih ke EPL, yaitu Claudio Ranieri (Leicester City), Francesco Guidolin (Swansea City), Antonio Conte (Chelsea) dan Walter Mazzarri (Watford). Musim lalu Claudio Ranieri mampu membawa klub semenjana Leicester City menjadi kampiun liga Inggris.

Krisis pelatih Inggris ini terasa ironis karena EPL justru mampu menghasilkan talenta-talenta muda berkualitas untuk Inggris. Saat ini Inggris punya John Stones (22 tahun), Raheem Sterling (21), Eric Dier (22), Dele Alli (20), Harry Kane (22) dan Marcus Rashford (18). Saat para pemuda Inggris mampu membutikan daya saingnya di ketatnya persaingan EPL, para pelatih Inggris masih belum mampu menembus level atas.

Para kandidat pelatih asal Inggris lain terasa kurang meyakinkan: Garry Neville, Gareth Southgate dan Glenn Hoddle. Tak heran jika wacana yang berkembang adalah pelatih asing untuk menangani timnas Inggris. Tentunya kriteria yang penting adalah akrab dengan sepakbola Inggris, sebagai pelatih atau saat masih aktif bermain.

Diantara nama yang disebut-sebut adalah Arsène Wenger (Perancis, pelatih Arsenal), Slaven Bilic (Kroasia, pelatih dan eks pemain West Ham), Brendan Rodgers (Irlandia Utara, mantan pelatih Liverpool), Claudio Ranieri (Italia, pelatih Leicester City), David Moyes (Skotlandia, mantan pelatih MU) dan Jürgen Klinsmann (mantan pemain Tottenham Hotspurs)

Referensi:
http://bola.republika.co.id/berita/sepakbola/internasional-2/16/07/09/oa1jla299-klinsmann-kandidat-kuat-pelatih-timnas-inggris
https://www.theguardian.com/football/2016/jun/28/england-manager-succession-roy-hodgson
https://en.wikipedia.org/wiki/Premier_League
https://en.wikipedia.org/wiki/England_national_football_team
https://en.wikipedia.org/wiki/Serie_A
https://en.wikipedia.org/wiki/Ars%C3%A8ne_Wenger
https://en.wikipedia.org/wiki/Slaven_Bili%C4%87
https://en.wikipedia.org/wiki/Brendan_Rodgers
https://en.wikipedia.org/wiki/Claudio_Ranieri
https://en.wikipedia.org/wiki/David_Moyes
https://en.wikipedia.org/wiki/J%C3%BCrgen_Klinsmann

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA