Thursday 14 July 2016

Fernando Santos, Pelatih Tim Juara Euro 2016

Saat masih aktif bermain, Fernando Santos berposisi sebagai bek. Empat belas tahun karirnya di Portugal dihabiskan bersama klub Estoril dan Maritimo. Fernando Santos pensiun di Estoril dan melanjutkan  karirnya di klub itu sebagai asisten pelatih pada tahun 1987.

Setahun berselang, Santos naik pangkat menjadi pelatih kepala. Dia sukses membawa Estoril promosi ke Primeira Liga di tahun 1991. Setelah sepuluh tahun berkarir sebagai pelatih, Santos akhirnya mendapat kesempatan menangani klub besar, FC Porto, di tahun 1998.

Tiga tahun bersama Porto, Santos memenangkan sebuah gelar liga Portugal dan dua gelar Taça de Portugal. Reputasinya rupanya semakin menjulang dan terdengar sampai ke luar negeri. Tahun  2001 klub Yunani AEK Athena mempercayakan posisi pelatih kepadanya.

Satu musim bersama  AEK, Santos sukses membawa timnya memenangkan Piala Yunani. Klub besar Panaithinaikos tertarik untuk menggunakan jasanya. Sayangnya kalai ini Santos tidak berhasil dan empat bulan kemudian Santos sudah berpisah dengan Panaithinaikos.

Santos lalu kembali ke Portugal untuk menangani Sporting Lisbon, tapi dilepas karena klub besar Portugal ini tidak puas dengan hasil akhir di peringkat tiga liga. Dia lalu kembali ke AEK Athena. Posisi tiga besar di liga Portugal bersama AEK dianggap sebagai hasil yang bagus.

Benfica merekrut Santos di tahun 2006. Dia hanya bertahan setahun di klub besar ini karena hanya bisa membawa timnya menempati posisi ketiga liga Portugal. Fernando Santos kembali Yunani dan menangani klub PAOK selama tiga tahun.

Tahun 2010 Santos dipercaya menangani timnas Yunani. Dia mampu membawa Yunani mencapai perempat final Euro 2012. Di piala dunia 2016, Santos membawa Yunani sampai babak 16 besar, setelah kalah adu penalti dengan Costa Rica.

Prestasi bagus menangani timnas Yunani sepertinya membuat tmnas negaranya sendiri tertarik. Barangkali juga mengingat Santos adalah pelatih pernah menangani tiga klub terbesar Portugal: Benfica, Porto dan Sporting. Demikianlah Fernando Santos dipercaya memimpin negaranya ke Euro 2016, yang berakhir gemilang dengan gelar juara Eropa untuk pertama kalinya bagi Portugal.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Fernando_Santos_(Portuguese_footballer)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA