Saturday 23 July 2016

Sam Allardyce, Pelatih Baru Inggris

Reputasi Sam Allardyce yang paling menonjol mungkin adalah saat menangani Bolton Wanderers selama delapan tahun 1999-2007. Di memimpin Bolton promosi ke EPL pada tahun 2001. Allardyce mampu mempertahankan Bolton di EPL selama enam musim hingga saat dia mengundurkan diri tahun 2007. Prestasi terbaiknya bersama Bolton adalah posisi keenam EPL di musim 2004-2005 yang membawa mereka berlaga di piala UEFA musim berikutnya. Allardyce meninggalkan Bolton di posisi kelima EPL musim 2006-2007 dengan sisa dua partai belum dimainkan.

Sam Allardyce mungkin memang pelatih terbaik Inggris saat ini. Reputasinya mungkin lebih baik dari Steve Bruce, Alan Curbishley dan pelatih Inggris lainnya. Jika timnas tiga singa tidak ingin merekrut pelatih asing, Allardyce adalah pilihan yang masuk akal.

Pertanyaannya, mampukah Allardyce membawa Inggris berjaya. Seperti kita lihat di Euro 2016, Inggris sebenarnya punya banyak pemain muda berbakat. Sorotan justru ditujukan pada pelatih Roy Houghton pasca tersingkirnya Inggris ditangan Islandia.

Sam Allardyce tidak pernah menangani tim besar di EPL, padahal materi timnas Inggris adalah bintang-bintang EPL. Klub paling besar yang ditangani Allardice adalah Newcastle United, dan tidak bisa dibilang berhasil. Mampukah kali ini Allardyce mengendalikan para bintang timnas Inggris untuk mengikuti?

Tantangan perdana Allardyce adalah kualifikasi piala dunia 2018. Inggris tergabung di grup bersama Slowakia, Skotlandia, Slovenia, Lithuania dan Malta. Juara grup akan lolos ke putaran final piala dunia 2018. Delapan peringkat kedua terbaik ari sembilan grup yang ada akan maju ke babak playoff memperebutkan empat tiket tersisa.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Sam_Allardyce
https://en.wikipedia.org/wiki/Steve_Bruce
https://en.wikipedia.org/wiki/2018_FIFA_World_Cup_qualification_(UEFA)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA