Sunday 17 July 2016

Mkhitaryan Mengancam Juan Mata

Manchester United sudah resmi mendatangkan Henrikh Mkhitaryan dari Borussia Dortmund. Nilai transfernya disebut mencapai 26.3 juta poundsterling. Pemain yang bisa bermain sebagai gelandang serang ataupun sayap itu disebut-sebut mengancam posisi Juan Mata di tim utama MU.

Mkhitaryan berasal dari Armenia. Dia adalah lulusan akademi Pyunik, dan memperkuat klub besar Armenia itu selama empat musim pertama karirnya. Mkhitaryan dan Pyunik memenangkan liga Armenia selama empat musim berturut-turut. Mkhitaryan juga menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 30 gol dari 70 gol pertandingan besama Pyunik. Rekor yang mengesankan untuk seorang gelandang.

Tahun 2009, Mkhitaryan pindah ke klub Ukraina Metalurh Donetsk. Kesempatan untuk berkiprah di liga yang lebih besar tidak disia-siakan oleh Mkhitaryan. Musim berikutnya Mkhitaryan direkrut oleh klub besar Ukraina, Shakhtar Donetsk.

Tiga musim bersama Shakhtar Donetsk, Mkhitaryan membantu klubnya menyabu bersih gelar liah Ukraina tiga tahun berturut-turut. Catatan golnya adalah 38 gol dari 72 pertandingan liga Ukraina bersama Shakhtar. Penampilan Mkhitaryan menarik perhatian klub Jerman Borussia Dortmund yang merekrutnya di awal musim 2013-2014 dengan nilai transfer 21.5 juta poundsterling. Saat itu Mkhitaryan berumur 24 tahun.

Musim perdana di Bundesliga dilalui Mkhitaryan dengan torehan 9 gol dan 10 assist. Performanya menurun  di musim berikutnya karena cedera. Tapi di musim 2015-2016 lalu Mkhitaryan bangkit dan mencetak 15 assist di Bundesliga untuk klubnya, yang berarti Mkhitaryan adalah pencetak assist terbanyak di Bundesliga musim lalu.

Nilai transfer 26.3 juta poundsterling dari Dortmund ke MU terbilang murah, mengingat Dortmund mendapatkannya dengan harga 21.5 juta poundsterling sebelum menjadi bintang di EPL. Kemampuan Henrikh Mkhitaryan agaknya lebih tetap dijelaskan dengan rekaman video penampilannya. Berikut adalah rekaman penampilan dari penggemar Zinedine Zidane ini.


Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Henrikh_Mkhitaryan
https://en.wikipedia.org/wiki/FC_Pyunik
http://www.skysports.com/football/news/11667/10326082/henrikh-mkhitaryan-to-manchester-united-transfer-at-advanced-stage

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA