Monday 11 July 2016

Éder, Pahlawan Kemenangan Portugal di Euro 2016

Portugal punya pemain terkenal seperti Cristiano Ronaldo, Nani dan Pepe. Portugal juga punya pemain muda berbakat seperti Renato Sanches. Tapi yang menjadi penentu keberhasilan mereka menjuarai Euro 2016 adalah pemain kurang terkenal bernama Éder.

Nama lengkapnya adalah Éderzito António Macedo Lopes. Penyerang 28 tahun ini dilahirkan di negara Guinea-Bissau, Afrika. Striker jangkung setinggi 190 cm ini sudah pindah ke Portugal sejak masa kanak-kanak dan memutuskan untuk membela tim nasional Portugal.
Menurut whoscored.com, Eder adalah pemain yang bagus dalam melepaskan umpan-umpan pendek ini. Pemain tinggi besar itu disebut bukan tipe pemain yang gemar melakukan diving. Sebagai striker, penyelesaian akhirnya juga bagus.

Karir sepakbola Éder tidaklah mulus. Dia harus memulai karirnya bersama tim liga level bawah seperti Oliveira Hospital dan Tourirenze. Untungnya Tourirenze adalah milik klub Primera Liga, Académica. Agaknya ketajaman Éder menarik Académica untuk merekrutnya. Saat itu Éder berusia 20 tahun.

Éder memperkuat Académica selama empat tahun. Prestasinya tidak terlalu bagus. Dari 83 partai bermain untuk Académica di Primeira Liga selama empat tahun itu, Éder hanya mencetak 12 gol. Bukan catatan yang mengesankan untuk seorang penyerang.

Karir Éder meningkat di klub berikutnya, Braga. Tiga musim bersama klub ini, Éder mencetak 26 gol dari 60 penampilan di Primeira Liga. Penampilan apiknya bersama Braga membuatnya dilirik tim nasional. Éder memperkuat skuad timnas Portugal di piala dunia 2014 di Brazil. Saat itu posisinya masih sebagai pelapis bagi striker senior seperti Hugo Almeida dan Helder Postiga.

Éder mencoba peruntungan di Swansea City awal musim lalu, tapi sulit mendapat kesempatan. Untunglah dia bisa mendapat kesempatan dipinjamkan ke klub Perancis Lille, dimana dia mampu menunjukkan ketajamannya, mencetak 6 gol dari 13 penampilan di liga Perancis. Saat itu Eder sudah sepenuhnya merupakan pemain Lille, bukan lagi pemain pinjaman.
Éder sebenarnya tidak banyak mendapat kesempatan bermain di Euro 2016. Portugal mengandalkan Cristiano Ronaldo dan Nani di lini depan, dan keduanya menjawabnya dengan penampilan yang bagus. Peluang bermain bagi Éder terbatas hanya sebagai pemain pengganti.

Momen bersejarah bagi Éder terjadi final Euro 2016. Menggantikan Renato Sanches, Eder menjad pemain yang menentukan kemenangan Portugal. Umpan dari Joao Moutinho di luar kotak penalty mampu dilesakkan lewat sebuah tendangan keras untuk menggetarkan jala gawang tim lawan mereka Perancis. Itulah satu-satunya di pertandingan itu dan Portugal memenangkan piala Eropa untuk pertama kalinya.


Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/%C3%89der_(Portuguese_footballer)
https://www.whoscored.com/Players/43922
https://en.wikipedia.org/wiki/Portugal_national_football_team
https://en.wikipedia.org/wiki/%C3%89der_(Portuguese_footballer)
https://en.wikipedia.org/wiki/F.C._Oliveira_do_Hospital
https://en.wikipedia.org/wiki/G.D._Tourizense 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA