Sunday 2 August 2015

Dari Trial Evan Dimas Hingga Para Pemain Mungil Barcelona B

Ditengah situasi muram sepakbola nasional, Evan Dimas mendapat tawaran trial dari Barcelona B dan liga Jepang. Evan Dimas memutuskan untuk mengikuti tawaran trial dari Barcelona B. Jika tampil memuaskan selama masa uji coba, Evan berpeluang untuk memperkuat Barcelona B dan berkompetisi di Segunda Division B, kasta ketiga liga Spanyol.

Tak diragukan lagi Evan Dimas adalah talenta terbaik di tanah air. Secara teknik, fisik, maupun performa Evan adalah bintang nomor satu saat masih berkirah timnas U19 asuhan Indra Sjafri. Pertanyaannya, apakah keterampilan pemuda setinggi 167 cm ini cukup bagus untuk bergabung dengan Barcelona B.

Bicara soal tinggi badan, tentu saja sosok Evan akan terlihat mungil diantara pada pemain Barcelona B. Bagaimanapun juga, hal ini akan menyulitkan Evan dalam memenangkan duel udara. Evan harus bisa menunjukkan kelebihannya dalam hal-hal lain untuk bisa menutupi kekurangan tinggi badan.

Di tim utama Barcelona, hanya ada tiga pemain yang tingginya dibawah 170 cm. Lionel Messi (169 cm) adalah penyerang yang luar biasa dan salah satu pemain terbaik dunia. Tanpa perlu mencetak banyak gol dari sundulan pun, Messi sudah sangat tajam dengan catatan 286 gol dalam 315 pertandingan untuk Barcelona.

Pedro Rodriquez sama tinggi dengan Evan, 167 cm. Walaupun kurang diberi kesempatan, Pedro tetap pemain penting baik untuk Barcelona maupun timnas Spanyol. Kelebihan Pedro adalah fleksibilitasnya. Pedro bisa bermain sebagai sayap kiri, sayap kanan atau second striker. Sekalipun sulit menembus tim utama, peluang Pedro cukup besar untuk dimainkan sebagai pemain pengganti atau menjadi pilihan utama saat ada pemain lain cedera.

Dengan keistimewaan masing-masing, Pedro dan Messi relatif bisa melalui jenjang karir dari La Masia hingga tim inti Barcelona dengan baik. Tidak demikian halnya dengan bek kiri Jordi Alba (168 cm). Alba sudah dilepas oleh La Masia sejak umur 16 tahun. Jordi Alba harus membuktikan dirinya dulu di Valencia hingga akhirnya dipanggil timnas Spanyol. Barulah setelah itu Barcelona merekrutnya kembali dengan nilai transfer 14 juta euro.

Tentu saja Evan Dimas masih belum sekelas Messi, Pedro dan Alba. Trial yang akan dijalani Evan adalah untuk Barcelona B yang bermaterikan pemain-pemain muda. Ini memang kesempatan baik bagi pemuda 20 tahun seperti Evan.

Tapi tidak sembarang pemain muda bisa bergabung dengan Barcelona B. Standar yang harus dilewati Evan tentulah berat sekali. Bagaimanapun juga pemain Barcelona B adalah batu pijakan bagi lulusan La Masia yang ingin menjadi bintang di tim utama Barcelona.

Untuk melihat tingginya standar mereka, mari kita tengok dua pemain mungil milik Barcelona B. Mereka datang dari negara yang tradisi prestasi sepakbolanya bukan tandingan kita. Mereka adalah Maxi Rolón dari Argentina dan Lee Seung Woo dari Korea Selatan.

Maxi Rolón (169 cm) adalah seorang sayap kanan. Pemain yang sebaya dengan Evan ini baru tahun lalu mendapat promosi dari La Masia ke Barcelona B. Rolón memperkuat tim nasional Argentina U20 pada sebuah turnamen tahun lalu.

Lee Seung-woo (168 cm) baru berumur 17 tahun. Lulusan La Masia ini berposisi sama seperti Evan, sama-sama gelandang serang. Kontrak profesional Lee Seung-woo tahun lalu adalah salah satu yang dianggap melanggar aturan karena Lee masih dibawah umur. Sebagai hukuman Barcelona dilarang melakukan transfer pemain, yang masih berlangsung hingga saat ini. Lee sudah pernah memperkuat timnas Korea Selatan U16, U17 dan U18.

Semoga Evan Dimas lulus dari trial dan bergabung dengan Barcelona B.

Referensi:
1. Foto: Evan Dimas.
2. Evan Dimas @ wikipedia.
3. Barcelona @ wikipedia.
4. Pedro Rodriquez @ wikipedia.
5. Lionel Messi @ wikipedia.
6. Jordi Alba @ wikipedia.
7. Barcelona B @ wikipedia.
8. Maxi Rolón @ wikipedia.
9. Lee Seung-woo @ wikipedia.
10. La Masia @ wikipedia.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA