Tuesday 18 August 2015

Artikel Berbahasa Catalan Tentang Evan Dimas

Sudah seminggu Evan Dimas menjalani trial di UE Llagostera. Sementara minggu depan liga Spanyol sudah akan mulai bergulir, termasuk segunda division yang diikuti UE Llagostera. Masyarakat Indonesia menunggu dengan harap-harap cemas akan hasil dari trial ini.

Ahad 16 Agustus kemaren Evan dimainkan pada pertandingan ujicoba melawan FC Escala. Evan Dimas masuk sebagai pemain pengganti pada menit 68. Pertandingan ini berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan UE Llagostera.

Cukup sulit untuk mengetahui apa penilaian UE Llagostera dan publik Spanyol dan Catalan pada umumnya tentang Evan Dimas. Untuk itu menarik untuk melihat apa yang ditulis situs Diari De Girona tentang Evan Dimas. Diari De Girona sendiri adalah media berbahasa Catalan yang sudah terbit sejak 1943.

Berikut ini adalah terjemahan Indonesia dari artikel asli berbahasa Catalan. Terjemahan yang tidak sempurna karena dilakukan dengan mengandalkan google translate, yang masih diedit lagi agar kalimat yang dihasilkan lebih enak dibaca. Sejumlah kalimat gagal diterjemahkan karena tidak didapatkan terjemahan yang jelas.



Popularitas tim Llagostera masih tinggi di negara berpenduduk keempat terbanyak di dunia, berkat tes Evan Dimas.

Llagostera kemarin memposting ke Youtube latihan tim di Palafrugell. Selang beberapa lama, pers Indonesia meneruskan berita itu karena ada gambar Evan Dimas. Kehadiran gelandang ini tidak akan dilewatkan begitu saja. Lewat telepon dan email, layanan pers tim Girona menerima setiap hari menerima permintaan informasi. Apakah Evan Dimas akan berkompetisi di Spanyol atau tidak seolah-olah sudah menjadi masalah negara Indonesia.

Gambar Dimas  bersama Oriol Alsina Tarrago dan Isabel, atau saat menunjukkan kemeja telah Llagostera menyebar luas melalui jaringan sosial dan koran online dari Indonesia. Situs bernama prediksibolamu.com, misalnya, kemarin menampilkan ibu Evan Dimas. Beliau sangat senang puteranya ke Llagostera dan yakin bahwa Evan dapat mengatasi permasalahn disini. Manajer klub lamanya, Persebaya, juga menunjukkan dukungan penuh. Mereka mengklaim bahwa ada klub Spanyol lainnya yang meminati Evan, begitu juga sejumlah tim besar di Jepang.

Evan Dimas adalah bintang media di negaranya dengan lebih dari 150.000 pengikut di Twitter. Dia dianggap sebagai pesepakbola paling berbakat di Indonesi dan punya kemampuan untuk mencoba peruntungannya di liga besar di dunia, seperti liga Spanyol. Dari saat Llagostera belum mengomentari kemungkinan kontrak permanen hingga disebut-sebut ada sponsor yang menyokong Dimas. Sebuah surat kabar bahkan memberitakan  saat yang paling penting dalam sejarah Llagostera yaitu promosi ke segunda division berkat gol Nuha pada Juni tahun lalu. Media Indonesia lainnya menceritakan prestasi Llagostera musim lalu yang mampu mencapai peringkat sembilan di segunda division meskipun tidak didukung anggaran yang besar.

Klubnya asal, Persebaya, telah siap kehilangan Dimas. Saat ini, bahkan sebelum melakukan debut, Evan Dimas telah mempopulerkan klub yang 12.000 kilometer jauhnya dari negara asalnya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA