Saturday 5 April 2014

Kesalahan Barcelona Dimata Fifa

Barcelona dilanda pukulan berat. FIFA menjatuhkan hukuman larangan melakukan pembelian pemain selama selama 14 bulan. Hukuman ini berat karena akhir musim ini Barca akan ditinggalkan oleh kiper utamanya Victor Valdes dan bek tengah Carlos Puyol.

Dengan keputusan FIFA ini, pembelian kiper Marc-Andre ter Stegen dari Borussia  Monchengladbach menjadi mengambang. Begitu juga perekrutan gelandang muda berbakat Allen Halilovic dari Dinamo Zagreb. Rencana Barca untuk membeli bek tengah David Luiz dari Chelsea juga terancam gagal

Barcelona didakwa telah melanggar aturan FIFA tentang transfer pemain asing berusia dibawah 18 tahun. Berdasarkan peraturaan FIFA, transfer pemain asing dibawah 18 tahun ke sebuah klub hanya dibolehkan dengan jika memenuhi satu dari tiga syarat ini:
1. Untuk pemain dari luar Uni Eropa, orang tua pemain itu pindah ke negara tempat klub tersebut karena alasan yang tak terkait sepakbola.
2. Untuk pemain Uni Eropa, transfer bisa dilakukan jika pemain itu sudah berusia diatas 16 tahun.
3. Klub tersebut walau berbeda negara, tapi jarak antara klub tersebut ke rumah si pemain kurang dari 50 km.

Kasus ini cukup mengejutkan karena Barcelona memang terkenal dengan pembinaan pemain usia muda. Akademi mereka, La Masia, mendidik pemain-pemain berbakat dari banyak negara. Bahkan Lionel Messi sudah datang dan berlatih dengan Barcelona sejak tahun 2000, saat usianya 13 tahun.

Menurut situs FC Barcelona sendiri, investigasi FIFA tentang masalah ini berlangsung sejak awal 2013. Barcelona dinyatakan bersalah karena melanggar aturan transfer untuk 9 pemain usia dibawah 18 tahun. Diantara para pemain yang dipermasalahkan adalah dua pemain Korea Selatan, Jang Gyeolhee dan Lee Sung Woo.

Sepertinya pihak Barcelona sendiri tahu kalau mereka bermasalah dengan peraturan transfer pemain usia dibawah 18 tahun. Pada tanggal 1 Maret 2013 Sandro Rosell sebagai presiden Barcelona waktu itu mengirim surat kepada FIFA untuk mengusulkan perubahan aturan transfer pemain usia 18 tahun kebawah.



Referensi:
1. Aturan FIFA tentang transfer pemain asing usia dibawah 18 tahun: http://www.theguardian.com/football/2014/apr/02/barcelona-transfer-ban-warning-signs-fifa
2. Kronologi komunikasi FIFA dan Barcelona tentang kasus pemain asing dibawah usia 18 tahun: http://www.fcbarcelona.com/club/detail/article/a-history-of-the-communications-between-fifa-and-fc-barcelona-concerning-underage-players-registration

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA