Monday 31 March 2014

"Final" Liga Inggris, Liverpool vs Manchester City, 13 April 2014?

Beberapa minggu yang lalu, EPL masih terlihat seperti pacuan empat kuda. Empat tim saling bersaing untuk menjadi juara EPL musim ini: Chelsea, Manchester City, Arsenal dan Liverpool. Belakangan, krisis gelandang melemahkan Arsenal, dan Chelsea dihukum oleh inkonsistensi performa mereka menghadapi tim semenjana.

Masih ada minimal enam pertandingan untuk dimainkan masing-masing tim. Secara matematis peluang menjadi juara masih belum tertutup bagi tujuh tim pemuncak EPL saat ini. Tapi secara realistis, tinggal dua tim yang berpeluang besar menjuarai EPL musim ini: Liverpool dan Manchester City.

Liverpool akan menjuarai EPL jika bisa menyapu semua enam partai tersisa. Performa mereka di EPL luar biasa di tahun 2014 ini. Liverpool mencatat sebelas kemenangan dan hanya dua kali seri tahun ini. Diantara pencapaian mereka tahun ini adalah kemenangan tandang 4-0 dalam Merseyside derby dengan Everton, kemenangan telak 5-1 menghadapi Arsenal di Anfield, menaklukkan Old Trafford dengan kemenangan 3-0 menghadapi Manchester United, dan kemaren meremukkan Tottenham Hotspurs 4-0 di kandang sendiri.

Liverpool sepertinya memenuhi syarat untuk menjadi juara liga Inggris tahun ini. Lihatlah skor-skor diatas, bagaimana mereka mengalahkan tim-tim kuat dengan skor telak. Faktor Luiz Suarez sebagai penyerang terbaik EPL saat ini, kemampuan Brendan Rodgers memperbaiki performa para pemainnya, hingga kenyataan bahwa Liverpool saat ini hanya konsentrasi di EPL. Semua faktor diatas menguatkan peluang Liverpool menjadi kampiun liga Inggris untuk pertama kalinya dalam 24 tahun.

Pemain Liverpool yang cedera hanya bek kiri Jose Enrique. Masalah terbesar adalah mereka belum menghadapi dua tim paling kuat di EPL: Manchester City dan Chelsea. Peluang juara Liverpool akan langsung menipis kalau mereka takluk oleh City 13 April nanti. Chelsea walaupun peluangnya cukup tipis tetap mengintai peluang menjadi kampiun EPL tahun ini.

Sang rival Manchester City juga punya rekor bagus tahun ini. Sejak awal 2014 mereka mencatat sembilan kemenangan, dua seri dan satu kekalahan. Micah Richards dan Sergio Aguero dijadwalkan segera pulih dari cedera, sehingga berpeluang memperkuat City saat menghadapi Liverpool 13 April nanti. Jangan lupa bahwa pada pertemuan pertama City mampu menaklukkan Liverpool 2-1 di kandang sendiri. Hasil seri melawan Liverpool di Anfield sudah cukup bagus bagi Manchester City.

So, may the best men wins.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA