Monday 28 April 2014

Unggul Penguasaan Bola Tak Identik Dengan Kemenangan - Review Semifinal CL 2014 Real Madrid vs Bayern Muenchen 1 - 0

Dari para pemain yang diturunkan Real Madrid di awal partai penting ini, tidak tampak Gareth Bale. Demi kepentingan strategi pelatih Carlo Ancelotti lebih memilih menurunkan Isco di pertandingan ini. Barangkali Ancelotti sadar bahwa lawan mereka adalah juara bertahan plus unggulan juara, karena itu dia mempersiapkan pertahanan timnya dengan seksama. Mungkin juga karena kondisi Bale diberitakan kurang fit.

Bayern Muenchen memulai pertandingan dengan menguasai possession dan berupaya menghantam lini pertahanan Madrid. Di awal babak pertama ini sebuah upaya Arjen Robben belum berhasil membobol gawang Madrid. Tak lama kemudian sebuah sundulan Bastian Schwinsteiger juga belum menemui sasaran.

Disaat itulah Madrid justru sukses menyengat pertahanan Muenchen. Dari sayap kiri Cristiano Ronaldo memberi umpan ke arah kotak penalti pada Fabio Coentrao, yang lalu meneruskannya pada Karim Benzema. Penyerang Perancis ini tanpa ampun menjebloskan bola ke gawang Manuel Neuer.

Kebobolan satu gol membuat Muenchen terlihat goyah dibabak pertama ini. Sementara Real Madrid mendemonstrasikan kehandalan mereka melakukan counter attack dengan cepat. Muenchen masih punya peluang di babak pertama lewat Dante dan lalu Philip Lahm, tapi serangan-serangan Madrid terasa lebih meyakinkan. CR7 dan Angel di Maria bergantian mengancam gawang Muenchen lewat sejumlah peluang.

Di babak kedua Bayern memperbaiki penampilannya. Peluang demi peluang berdatangan lewat Frank Ribery, Arjen Robben, dan Thomas Muller. Sementara serangan Madrid terkesan hanya mengandalkan CR7, dan kemudian Gareth Bale yang masuk menggantikannya. Peluang terbaik Muenchen datang saat Mario Goetze mendapat kesempatan menembak dari dalam kotak penalti, namun masih dapat digagalkan Iker Casillas.

Walaupun menang, posisi Real Madrid jauh dari aman. Dalam pertandingan ini lini pertahanan Madrid harus jatuh bangun menghadapi serangan demi serangan Muenchen. Hal ini akan lebih sulit dilakukan di pertandingan kedua karena kali ini Muenchen yang bertindak sebagai tuan rumah

Sedangkan pelajaran bagi Muenchen barangkali adalah, terkadang dominasi possession tidak cukup untuk meraih kemenangan.

Rekaman highlight pertandingan ini bisa disaksikan di http://www.youtube.com/watch?v=xSCDDk8qCHo

Real Madrid
Iker Casillas, Dani Carvajal, Sergio Ramos, Pepe (Raphael Varane), Fabio Coentrao, Xabi Alonso, Luca Modric, Angel di Mario, Isco (Asier Ilarramendi), Cristiano Ronaldo (Gareth Bale), Karim Benzema

Bayern Muenchen

Manuel Neuer, Rafinha (Javi Martinez), Dante, Derek Boateng, David Alaba, Philip Lahm, Toni Kroos, Bastian Schweinsteiger (Thomas Mueller), Frank Ribery (Mario Goetze), Mario Mandzukic, Arjen Robben.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA