Saturday 2 January 2016

Nolito, Incaran Barcelona dan Arsenal

Barcelona sering dianggap sebagai klub yang bagus dalam mengembangkan pemain muda. Tapi sebenarnya, tidak mudah bagi pemain lulusan La Masia untuk naik kelas ke tim senior Barcelona. Sebagai tim yang bisa dianggap nomor satu di dunia saat ini, Barcelona seolah punya tuntutan untuk meraih gelar setiap musim. Alhasil standar pemain di tim senior juga sangat tinggi. Tidak mudah bagi pemain lulusan La Masia yang berbakat sekalipun untuk bersaing di tim utama Barcelona.

Cesc Fabregas memilih hengkang ke Arsenal tahun 2003 karena jika bertahan di Barcelona dia "harus" menunggu lama. Jalur serupa dilalui Héctor Bellerín yang hengkang ke Arsenal lima tahun lalu dan saat ini sudah menjadi salah satu bek kanan terbaik EPL. Ada lagi Jordy Alba yang harus tujuh tahun berjuang lewat jalur Cornella, Gimnàstic dan Valencia sebelum didatangkan Barcelona lewat bursa transfer.

Nolito adalah seorang sayap kiri ofensif. Nolito cukup telat bergabung dengan Barcelona B, yaitu tahun 2008 menjelang usia 22 tahun Nolito turut membawa Barcelona B promosi dari Segunda B ke Segunda pada akhir musim 2009-2010. Musim berikutnya, Barcelona B menempati posisi ketiga segunda division. Sayang mereka tidak bisa berlaga di fase playoff promosi karena ada klub utama Barcelona di la liga. Tidak boleh ada dua tim yang sama berkompetisi di satu divisi.

Tiga tahun di Barcelona B, Nolito tampil 1o6 kali dan mencetak 29 gol. Ini adalah rekor yang bagus untuk seorang penyerang sayap. Selama tiga tahub bersama Barcelona B Nolito menjadi andalan Luis Enrique, manajer tim senior Barcelona saat ini.    

Tahun 2011 Luis Enrique meninggalkan Barcelona B untuk menangani AS Roma. Nolito yang sudah menjelang 25 tahun dan kesulitan menembus tim senior Barca memilih hengkang ke Benfica. Nolito tidak begitu bersinar di liga Portugal. Di awal 2013 Benfica meminjamkan Nolito selama enam bulan ke Granada.

Luis Enrique kembali ke la liga untuk mengasuh Celta Vigo di awal musim 2013-2014 dan Nolito menyusul bergabung tak lama kemudian. Tim yang musim sebelumnya berada di posisi 15 mengalami peningkatan dan menempati posisi 9 klasemen akhir la liga 2013-2014. Nolito menjadi top skorer Celta Vigo dengan 14 gol.

Musim berikutnya Luis enrique hengkang ke Barcelona dan posisinya digantikan oleh Eduardo Berizzo. Prestasi Celta Vigo tetap stabil dengan menempati posisi 8 klasemen akhir la liga 2014-2015. Nolito mencetak 13 gol sepanjang musim ini.

Musim ini Nolito dan Celta Vigo tampil lebih gemilang lagi. Di akhir tahun 2015 Celta Vigo berada di peringkat 5 dengan 31 poin, hanya berjarak 2 poin dari empat besar untuk merebut tiket ke liga Champions. Nolito sudah mencatatkan 8 gol dan 5 assist musim ini di lal liga.

Salah satu penampilan Nolito yang mengesankan musim ini adalah saat membawa Celta Vigo mengalahkan Barcelona 4-1 pada 23 September 2015. Nolito mencetak gol pertama dan memberi assist untuk gol kedua dan gol ketiga. Penampilan gemilang Nolito dapat dilihat pada rekaman highlight berikut ini.


Arsenal diberitakan berminat mendatangkan Nolito di jendela transfer awal tahun 2016 ini. Sayangnya Nolito sendiri sepertinya kurang berminat untuk pindah ke London. Nolito disinyalir lebih tertarik untuk kembali ke Barcelona dan kembali dilatih oleh Luis Enrique. Sayangnya Barcelona sepertinya masih keberatan membayar klausul pelepasan Nolito yang mencapai 18 juta euro.

Sebenarnya jika bergabung ke Barcelona, peluang bermain Nolito jadi terbatas. Barcelona sudah punya tridente kelas satu Messi-Neymar-Suarez. Memang Nolito saat ini dalam performa daik dan Luis Enrique tentunya sudah tahu bagaimana memaksimalkan kinerja Nolito. Tapi tetap saja sulit membayangkan Nolito akan menggeser salah satu dari para superstar Messi, Neymar dan Luis Suarez.

Jika tampil ke Arsenal, peluang bermain Nolito cukup besar. Bayangkan trio gelandang Mesut Özil, Alexis Sanchez dan Nolito bermain dibelakang striker tunggal Olivier Giroud. Tentu saja salah satu dari Alexis atau Nolito harus beralih menjadi sayap kanan.

Untuk saat ini, mungkin opsi terbaik bagi Nolito adalah konsentrasi di Celta Vigo, setidaknya hinga akhir musim. Celta Vigo masih berpeluang untuk lolos ke liga Champions tahun depan. Apalagi penampilan konsisten sebagai pilihan utama di Celta Vigo akan membantu Nolito untuk terpilih ke timnas Spanyol yang akan tampil di putaran final Euro 2016 di Perancis.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Nolito
https://en.wikipedia.org/wiki/Cesc_F%C3%A0bregas
http://www.theguardian.com/football/blog/2010/mar/31/cesc-fabregas-barcelona-arsenal
https://en.wikipedia.org/wiki/H%C3%A9ctor_Beller%C3%ADn
https://en.wikipedia.org/wiki/Jordi_Alba
https://en.wikipedia.org/wiki/FC_Barcelona_B
https://en.wikipedia.org/wiki/2010%E2%80%9311_Segunda_Divisi%C3%B3n
https://en.wikipedia.org/wiki/Luis_Enrique_(footballer)
https://en.wikipedia.org/wiki/2012%E2%80%9313_Celta_de_Vigo_season
https://en.wikipedia.org/wiki/2013%E2%80%9314_Celta_de_Vigo_season
https://en.wikipedia.org/wiki/2015%E2%80%9316_Celta_de_Vigo_season
http://www.whoscored.com/Players/91267
http://www.whoscored.com/Matches/985487/Live
http://www.goal.com/en/news/14222/transfer-talk/2016/01/02/18910972/rumours-nolito-snubs-arsenal-for-barcelona-return

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA