Wednesday 6 January 2016

Espanyol, Penantang Derby Barcelona

Espanyol dalam bahasa Catalan berarti "orang Spanyol". Nama klub yang bermarkas di kota Barcelona ini mengundang pertanyaan mengingat tim sekota yang juara bertahan la liga dan liga Champions justru dikenal sebagai ikon Catalan. Kenapa ada sebuah nama klub dengan semangat"Spanyol" di Catalonia yang kerap diberitakan ingin merdeka menjadi negara sendiri?

Untuk mencari jawabannya, kita harus melihat sejarah pendirian kedua klub tersebut lebih dari 100 tahun lalu. Klub Barcelona pada awal pendiriannya tahun 1899 banyak melibatkan orang asing. Para tokoh perintis Barcelona seperti Joan Gamper dan Walter Wild adalah warga negara Swiss.

Espanyol berdiri setahun kemudian dengan semangat nasionalisme Spanyol. Mereka memang menempatkan diri sebagai lawan dari Barcelona yang banyak orang asingnya. Dimulailah rivalitas dua klub kota Barcelona yang masih berlangsung sampai sekarang.

Pada masa-masa awal itu Espanyol memang memposisikan diri sebagai pendukung Spanyol. Mereka juga menentang petisi untuk otonomi Catalonia di tahun 1918. Perbedaan sikap politik antara Espanyol dan Barcelona mulai terlihat.

Situasi berubah di masa diktator Franco yang spmemerintah Spanyol 1939 sampai 1975. Franco terkenal sangat mendukung identitas nasional Spanyol dan menekan identitas lokal seperti Catalonia. di ranah sepakbola, Franco dikenal pro Real Madrid dan tidak memihak Barcelona.

Di masa inilah Barcelona berperan sebagai salah satu ikon perlawanan Catalonia. Di dekade 60'an dan 70'an pendukung Barcelona cenderung datang dari kaum urban yang berjuang mengubah nasib di Barcelona. Sementara pendukung Espanyol cenderung datang dari pihak-pihak yang dekat terhadap pemerintah seperti pegawai negeri, polisi atau tentara.

Saat ini tema politis pada derby dua tim kota Barcelona ini makin tipis. Espanyol sudah berusaha memposisikan diri semakin berkarakter Catalan. Apalagi perbedaan prestasi kedua tim ini cukup jomplang.

Di zaman masyarakat ekonomi Eropa, Espanyol masih cukup berpihak pada pemain Spanyol. Dari 11 pemain yang paling sering ada di starting lineup, tujuh diantaranya adalah warga Spanyol. Mereka adalah kiper Pau, bek Alvaro Gonzales, gelandang serang Marco Asensio, winger Robin Duarte dan Víctor Álvarez, serta pemain multi fungsi Javi López dan Victor Sanchez

Barcelona tentu saja lebih banyak memainkan pemain asing. Dari 11 pemain yang paling sering ada di starting lineup, hanya empat diantaranya yang merupakan warga Spanyol. Mereka adalah bek tengah Gerard Pique, bek kiri Jordi Alba, gelandang bertahan Sergio Busquest, dan pemain multifungsi Sergi Roberto.


Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Joan_Gamper
https://en.wikipedia.org/wiki/Walter_Wild
https://en.wikipedia.org/wiki/Cuban_War_of_Independence
https://en.wikipedia.org/wiki/Philippine_Revolution
https://en.wikipedia.org/wiki/RCD_Espanyol
https://en.wikipedia.org/wiki/Derbi_barcelon%C3%AD
https://en.wikipedia.org/wiki/FC_Barcelona
https://en.wikipedia.org/wiki/Spain
https://en.wikipedia.org/wiki/Catalonia
https://en.wikipedia.org/wiki/Philippine_Revolution
http://www.whoscored.com/Teams/70
http://www.whoscored.com/Teams/65

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA