Friday 15 January 2016

Tentang Alumni Tim Kalimantan Timur Yang Menjuarai PON 2012

Saat ini dua tim asal Kalimantan Timur sedang berlaga di semifinal piala jenderal Sudirman: Mitra Kukar dan Pusamania Borneo FC. Kedua tim masih sangat berpeluang untuk lolos ke babak final. Gelar juara akan menjadi hadiah istimewa untuk publik sepakbola pulau Kalimantan yang jarang memenangkan gelar level nasional.

Tapi untuk level U23, Kalimantan Timur sudah pernah memenangkan PON 2012. Dalam ajang yang berlangsung di Riau tersebut, tim asuhan Rudy Keltjes menjadi juara ajang yang berlangsung di Riau tersebut. Di final Kaltim menundukkan Sumatera Utara dengan skor 1-0 lewat gol yang dicetak oleh Loudry Meilana.

Prestasi ini tentu saja tidak lepas dari kiprah klub-klub sepakbola yang ada di Kaltim. Selain membina putra daerah, mereka juga menarik talenta-talenta dari luar pulau Kalimantan untuk bergabung. Hal ini didukung oleh fakta tentang propinsi Kaltim yang kaya kekayaan alam.

Bintang Kaltim di PON 2012 tersebut adalah Bayu Gatra. Sayap serang dengan dribel cepat ini menjadi salah satu pencetak gol terbanyak lima gol. Pemain kelahiran Jember ini didatangkan ke Kaltim oleh Persisam Samarinda U21. Saat ini, pemain yang sudah beberapa kali tampil untuk timnas senior itu. Belum lama ini Bayu Gatra dikabarkan bergabung dengan Sriwijaya FC.

Dua alumni tim Kaltim di PON 2012, Loudry Meilana dan Wahyu Kristanto saat ini memperkuat Bali United Pusam. Memang Bali United Pusam tadinya adalah klub Kaltim Putra Samarinda yang berganti pemilik dan pindah markas ke pulau Bali. Saat ini Loudry maupun Wahyu masih harus berjuang untuk mendapatkan kesempatan lebih banyak di tim asuhan Indra Sjafri tersebut.

Sementara itu, Lerby Eliandri justru meninggalkan Bali United Pusam. Penyerang tersebut tidak mencapai kesepatakan dengan mantan klubnya tersebut tentang nilai gaji. Lerby dikabarkan bergabung dengan Pusamania Borneo FC.

Di Pusamania Borneo FC, Lerby akan bertemu kembali dengan rekan setimnya saat menjuarai PON 2012 dulu. Pemain ini adalah seorang gelandang. Namanya Aldair Makatindu.

Referensi:

http://bola.tempo.co/read/news/2012/09/19/099430625/kaltim-taklukkan-sumut-di-final-sepak-bola
https://id.wikipedia.org/wiki/Bayu_Gatra_Sanggiawan
https://en.wikipedia.org/wiki/Bayu_Gatra
http://www.tribunnews.com/superskor/2016/01/13/nasrun-umar-bayu-gatra-sedang-bagus-bagusnya-makanya-direkrut-sriwijaya-fc
http://membacaarahbola.blogspot.co.id/2015/10/rekapitulasi-piala-presiden-2015-grup-c.html
http://www.bola.com/indonesia/read/2399045/gaji-jadi-alasan-lerby-eliandry-tinggalkan-bali-united
http://www.goal.com/id-ID/news/1391/indonesia-super-league/2016/01/04/18976732/lerby-eliandry-berlabuh-di-pusamania-borneo-fc
http://membacaarahbola.blogspot.co.id/2015/11/daftar-pemain-yang-berlaga-di-piala.html

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA