Tuesday 26 January 2016

Bagaimana MU Bisa Kehilangan 1.2 Trilyun Rupiah Jika Mengganti LVG Dengan Mourinho

Tekanan untuk Louis Van Gaal di Manchester United semakin besar. Kekalahan 0-1 dari Southampton 23 Januari 2016 lalu di Old Trafford membawa MU ke posisi sulit. Walau masih menempati posisi kelima klasemen sementara EPL, MU sekarang berjarak lima angka dari dari posisi empat besar untuk bisa berlaga di liga Champions tahun depan.

Penyerangan yang tumpul menjadi masalah utama klub asal Manchester ini. MU hanya mampu mencetak 28 gol dari 23 pertandingan yang telah berlangsung. Produktivitas gol MU jauh lebih rendah dari para penghuni empat besar saat ini yaitu Leicester City (42 gol), Manchester City (45), Arsenal (37) dan Tottenham Hotspurs (41 gol).

Tapi tak semudah itu bagi MU untuk mendepak Louis Van Gaal. Pelatih asal Belanda ini punya bayaran 7 juta poundsterling per tahun dengan sisa kontrak masih 17 bulan. Jika MU mendepak LVG, sisa gaji selama 17 bulan yang nilainya diatas 10 juta poundsterling tetap harus dibayarkan pada Louis Van Gaal.

Masalah finansial MU bukan hanya itu. Jika mereka gagal lolos ke liga Champions musim depan, Adidas akan memotong dana yang mereka kucurkan sebesar 23 juta poundsterling. Jangan lupa bahwa selama beberapa tahun terakhir penampilan di liga Champions menyumbangkan setidaknya 26 juta poundsterling bagi MU.

Jika MU melepas LVG untuk bisa mengejar posisi empat besar di akhir musim, pilihannya adalah menyewa pelatih kelas satu yang tersedia. Jose Mourinho yang sudah memenangkan tiga gelar EPL adalah pilihan yang pantas. Hanya saja Mourinho adalah pelatih dengan bayaran besar. Saat masih di Chelsea dia menerima bayaran 12 juta poundsterling per tahun. Jika MU mendatangkan Mou sekarang, mereka harus menyiapkan anggaran sekitar 4 juta poundsterling hingga akhir musim ini.

Bagaimana jika LVG didepak dan Mourinho didatangkan tapi gagal membawa MU ke liga Champions musim depan. Bisa dikatakan MU kehilangan 10 juta poundsterling untuk kompensasi LVG,  23 juta dari pemotongan dana Adidas, 26 juta tanpa bonus  penampilan dan prestasi liga Champions, plus 4 juta poundsterling untuk gaji Jose Mourinho. Total MU bisa dianggap merugi 63 juta poundsterling atau sekitar 1.2 trilyun rupiah.

Referensi:
http://www.goal.com/en/news/1862/premier-league/2016/01/26/19692672/revealed-the-real-cost-if-man-utd-want-to-sack-van-gaal?ICID=HP_HN_1
https://en.wikipedia.org/wiki/2015%E2%80%9316_Premier_League
https://en.wikipedia.org/wiki/2015%E2%80%9316_Manchester_United_F.C._season

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA