Friday 22 January 2016

Final Piala Jenderal Sudirman Akankah Sepi Penonton

"Kita juga harap pedagang di Tanah Abang tutup agar semua orang Padang nonton final", kata Hasani Abdulgani, ketua pelaksana piala Jenderal Sudirman. Pernyataan yang mengisyaratkan kekhawatiran kalau final piala jenderal Sudirman akan sepi penonton. Final akan berlangsung ahad 24 Januari 2016 mempertemukan Semen Padang dan Mitra Kukar. 

Kedua tim finalis berasal dari luar pulau Jawa. Para pendukung mereka harus menyeberangi lautan untuk bisa sampai di Jakarta. Tidak seperti tim-tim pulau Jawa seperti Persija, Persib atau Arema, sulit mengharapkan para penonton Mitra Kukar dan Semen Padang bisa memenuhi GBK.

Opsi transportasi bagi pendukung Mitra Kukar hanya lewat laut dan udara. Tribunnews menyebut bahwa biaya yang diperlukan untuk seorang Mitramania untuk pulang pergi Tenggarong-Jakarta dan akomodasi selama di ibukota mencapai 2.5 juta. Disaat situasi ekonomi kurang menggembirakan, agaknya biaya mahal bisa menghambat animo Mitramania berangkat ke Jakarta.

Para pendukung Semen Padang sebenarnya punya opsi mencapai Jakarta lewat perjalanan darat plus penyeberangan dengan Ferry. Perjalanan panjang yang menghabiskan waktu lebih dari 30 jam. Pemerintah kota Padang sebenarnya sudah membantu menyediakan dua bus. Total suporter Semen Padang yang berangkat diperkirakan hanya 125 orang.penonton,

Dengan kondisi seperti itu tak heran jika panitia beralih mengincar para perantau dari Sumatera Barat dan Kalimantan Timur yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Kehadiran mereka diharapkan akan membuat suasana GBK menjadi lebih meriah saat final nanti. Patut dicatat bahwa tim asal Sumatera Barat dan Kalimantan Timur sama-sama jarang punya kesempatan tampil di final ajang tingkat nasional.

Terlepas dari prediksi minimnya penonton, kedua tim ini tetap layak tampil di final piala jenderal Sudirman. Selamat bertanding untuk Semen Padang dan Mitra Kukar.

Referensi:
http://bola.liputan6.com/read/2415345/tanah-abang-tutup-saat-final-piala-jenderal-sudirman
http://www.tribunnews.com/superskor/2016/01/22/suporter-semen-padang-dan-mitra-kukar-mulai-menuju-gbk
http://www.jpnn.com/read/2016/01/22/352131/Ah,-Suporter-Semen-Padang-FC-yang-Berangkat-Hanya-Segini- 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA