Tuesday 5 January 2016

Chelsea ala Hiddink

Gus Hiddink mencatatkan debut yang lumayan menangani Chelsea. Dari empat pertandingan dibawah asuhan Hiddink, Chelsea menang dua kali dan seri dua kali. Hiddink sementara menbawa Chelsea menanjak dari peringkat 16 di pekan ke 16 menjadi peringkat 14 di pekan 20.

Sebenarnya Hiddink tetap mempertahankan formasi 4-2-3-1 yang sudah dipakai Chelsea lebih dari 10 tahun. Pilihan pemain pun tak jauh berbeda dengan manajer sebelumnya. Dengan demikian Hiddink tinggal memulihkan kepercayaan diri dan performa para pemain bintang Chelsea.

Thibaut Courtois tetap menjadi pilihan utama di bawah mistar. Di depannya ada John Terry dan dan Kurt Zouma yang untuk saat ini sukses menyingkirkan Gary Cahill. Dua bek sayap ditempati Branislav Ivanovic dan Cesar Azpilicueta.

Duet gelandang bertahan adalah Cesc Fabregas dan Nemanja Matic. John Obi Mikel juga mulai sering dimainkan. Jika kontribusi ofensif Fabregas kurang signifikan, Mikel bisa jadi alternatif untuk peran gelandang bertahan yang lebih ortodoks. Dalam empat partai bersama Hiddink, Fabregas belum mencatatkan satu pun mencatatkan gol atau assist.

Lini gelandang serang sangat menjanjikan dibawah asuhan Hiddink. Oscar sudah mencatatkan dua gol dan satu assist. Willian sudah punya satu gol dan dua assists sementara Pedro sudah mencetak satu gol. Kontras dengan "tim Chelsea klasik Mourinho" yang sering menang tipis 1-0, chelsea asuhan Hiddink tampil produktif dengan mencetak 8 gol dari 4 pertandingan.

Eden Hazard masih belum begitu mendapat kepercayaan Hiddink. Sayap kiri Belgia ini agaknya masih harus menunjukkan performa terbaiknya. Sampai saat ini Pedro masih lebih sering mendapat kesempatan menjadi gelandang serang kiri Chelsea.

Diego Costa kembali menunjukkan ketajamannya dibawah asuhan Hiddink. Catatannya mengesankan, 3 gol dan 1 assist. Para striker cadangan yaitu Loic Remy dan Radamel Falcao sampai saat ini belum mendapat kesempatan bermain oleh Hiddink.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/2015%E2%80%9316_Chelsea_F.C._season
http://www.whoscored.com/Teams/15/
http://www.whoscored.com/Matches/959695/Live
http://www.whoscored.com/Matches/959635/Live
http://www.whoscored.com/Matches/959602/Live
http://www.whoscored.com/Matches/959672/Live

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA