Saturday 19 September 2015

Transfer "Terlarang" Hernanes

Kasus Calciopoli tahun 2006 menyulut hubungan buruk Juventus dengan Inter Milan. Selain dipaksa turun ke serie B, Juventus juga harus kehilangan gelar juara serie A 2005-2006. Gelar tersebut lalu diberikan kepada Inter.

Juventus harus kehilangan banyak pemain terbaiknya yang memilih untuk pergi. Fabio Cannavaro pindah ke Real Madrid dan Lilian Thuram ke Barcelona. Patrick Vieira dan Zlatan Ibrahimovic malah memilih hengkang ke Inter. Kehilangan para pilarnya, Juve harus memulai membangun tim lagi.

Sulit dibantah kalau hubungan Juventus dan Inter kurang baik pasca Calciopoli, terutama di tataran supporter. Apalagi ada kecurigaan kalau Inter dan mantan presiden Massimo Moratti terlibat dalam calciopoli. Walaupun ada sejumlah pemeriksaan, sampai saat ini belum ada tanda-tanda Inter akan dihukum.

Dengan tensi panas antara kedua klub, tak heran jika transfer pemain dari Inter ke Juve sangat jarang terjadi. Memang tahun 2012 ada Lúcio yang berganti klub dari Inter ke Juventus. Tapi saat itu bek tengah veteran asal Brazil itu sudah berstatus bebas transfer.

Demikianlah keadaannya hingga awal musim ini Inter dan Juve menyetujui transfer Hernanes. Transfer ini diperkirakan bernilai 11 juta euro. Gelandang Brazil ini langsung dipercaya menjadi pilihan utama di Juventus.

Kenapa Juventus melakukan langkah kontroversial seperti ini? Karena kondisi Juve memang cukup mengkhawatirkan. Mereka sangat membutuhkan gelandang berkelas pasca kekalahan di dua partai pertama serie A.

Semuanya tak lepas dari hengkangnya Andrea Pirlo dan Arturo Vidal dari Juve. Peran kedua gelandang papan atas ini ternyata sulit untuk digantikan. Kondisi semakin diperparah oleh cederanya Claudio Marchisio. Juventus jadi membutuhkan gelandang berkualitas secepatnya sebelum jendela transfer musim panas ditutup.

Kebetulan Inter punya cukup banyak gelandang dan tidak begitu membutuhkan Hernanes. Inter juga membutuhkan dana untuk membantu menyeimbangkan keuangan klub mengingat banyaknya pemain yang dibeli di awal musim ini. Jika sisi sentimental dan emosional bisa diabaikan, transfer ini menguntungkan bagi kedua klub.

Sejak diperkuat Hernanes, Juventus mulai mencatat hasil positif. Tim nyonya tua ditahan 1-1 oleh Chievo di kandang sendiri pada 12 September 2015. Pada partai berikutnya 15 September 2015 di Manchester, Juventus sukses menggulingkan Manchester City 2-1.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA