Saturday 12 September 2015

Orisinalitas: Nilai Analisis Fans MU dan Liverpool

Sebuah acara di stasiun televisi membahas pertandingan Liverpool vs MU yang dijadwalkan berlangsung 12 September 2015 23:30 WIB. Sebuah big match yang layak jadi pusat perhatian. Dua pembawa acara membincangkan partai yang ditunggu-tunggu ini.

Sayangnya yang dibahas pembawa acara hanyalah bahwa kedua tim tidak punya pemain "asli". Tidak ada pemain MU yang asli Manchester. Begitu juga tidak ada pemain Liverpool yang asli asal kota Liverpool.

Masalahnya materi kedua pembawa acara ini agak basi karena tidak original. Bahasan ini sudah beredar di media sejak sehari sebelumnya. Misalnya seperti artikel www.skysports.com ini.

Justru lebih menarik saat reporter mereka mewawancarai fans kedua tim. Seorang penggemar Liverpool menyebutkan kalau Christian Benteke tidak cocok dijadikan target man. Menurutnya Benteke lebih cocok jika tampil free role seperti di Aston Villa dulu

Justru analisis seperti ini yang bernilai bagi seorang penggemar sepakbola. Sejauh saya mengamati Benteke, kekuatan utama pemain ini menurut saya adalah kualitas penyelesaian akhirnya. Saya belum setuju kalau Benteke itu cocoknya jadi penyerang free role, tapi setidaknya ide tersebut mungkin bisa dicoba Brendan Rodgers.

Seorang penggemar MU juga diwawancarai TV tersebut. Penggemar ini tidak ingin melihat Rooney sendirian paling depan. Mungkin Rooney lebih cocok untuk bekerjasama di lini depan dengan striker lain. Saya tak yakin adalah striker lain yang dimaksudkannya adalah Memphis Depay atau Anthony Martial.

Sungguh sebuah pendapat yang original dan berharga. Saat ini memang formasi 4-2-3-1 sangat dominan, sehingga tak heran jika MU jika menggunakan formasi ini. Tapi tak berarti MU harus terpaku pada formasi itu dan melupakan opsi formasi dengan dua atau tiga striker.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA