Friday 11 September 2015

Liverpool vs MU, Big Match Dua Tim yang "Mirip" di pekan kelima EPL

Liverpool akan menjamu lawan berat bernama Manchester United di pekan kelima EPL. Pertandingan dijadwalkan berlangsung Sabtu 12 September 2015 jam 23:30 WIB. Pertandingan ini ditayangkan televisi berbayar beIN 1 dan beIN 3.

Saat ini ada banyak kemiripan antara kedua tim ini. Liverpool dan Manchester United adalah dua tim tersukses di Inggris. Liverpool punya koleksi lima gelar piala atau liga Champions plus 18 gelar juara liga Inggris. Manchester United mengoleksi tigaa gelar piala atau liga Champions ditambah 20 gelar juara liga Inggris

Sejak musim lalu kedua tim ini berusaha mengembangkan skuad yang pantas menjadi kandidat juara EPL. Louis Van Gaal mendatangkan banyak pemain untuk membentuk MU yang sesuai visinya. Sementara masalah Liverpool dimulai sejak perginya mesin gol mereka Luis Suárez di musim panas 2014. Kurang berhasilnya rekrutan bursa transfer musim lalu plus hengkangnya Raheem Sterling memaksa Brendan Rodgers kembali memperbarui skuad Liverpool awal musim ini.

Rekrutan baru Liverpool dan MU awal musim ini langsung terlihat menjanjikan. Rodgers sudah mempercayai bek kanan Nathaniel Clyne, bek kiri Joe Gomez, gelandang James Milner dan penyerang Christian Benteke sebagai pilihan utama. Demikian juga halnya untuk MU dengan kiper Sergio Romero, bek kanan Matteo Darmian, gelandang Morgan Schneiderlin dan penyerang Memphis Depay.

Sejauh ini hasilnya masih belum optimal bagi kedua klub. Baik Liverpool maupun MU masih belum cukup tajam untuk mencetak banyak gol. Dari empat pertandingan perdana EPL 2015-2016, Liverpool baru mencetak dua gol. Catatan gol MU hanya satu angka lebih baik. Kedua tim harus berupaya meningkatkan produktivitas gol mereka jika masih mengharapkan gelar juara EPL musim ini.

Dari segi pertahanan, tadinya MU dan Liverpool sama-sama terlihat menjanjikan. Mereka sama-sama mencatatkan clean sheet pada tiga pertandingan pertama. Hal ini punya arti khusus bagi MU yang mempercayai Sergio Romero sebagai kiper utama ditengah saga transfer De Gea.

Akan tetapi pada partai keempat, MU dan Liverpool sama-sama kalah. MU harus mengakui keunggulan Swansea City 1-2. Sementara Liverpool dengan mengejutkan kalah 0-3 dari West Ham di Anfield. Kekalahan ini membuat lini belakang Liverpool menjadi sorotan karena terlihat rapuh.

Sebagai sesama tim besar, MU dan Liverpool sama-sama harus melepas banyak pemain ke tim nasional masing-masing selama jeda international week. Terkadang pemain dalam kondisi kurang fit saat kembali ke klub, atau malah cedera. Hal ini dikenal dengan julukan "virus FIFA".

Karena saat ini kedua klub mengalami situasi sama, wajar seandainya laga ini berakhir seri. Tapi saya lebih suka jika Van Gaal dan Rodgers bisa melakukan terobosan dalam strategi permainan untuk meraih kemenangan.

Foto: stadion Anfield.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA