Monday 13 July 2015

Iker Casillas, Kiper Paling Berprestasi di Generasinya

Dalam soal kemampuan, Iker Casillas mungkin bukan yang terbaik di generasinya. Ada sejumlah nama yang mungkin lebih mumpuni seperti Gianluigi Buffon, Petr Cech dan Manuel Neuer. Tapi dalam soal prestasi, mereka tidak bisa mengalahkan Casillas.

Bersama Real Madrid, Casillas memenangkan tiga gelar liga Champions, lima gelar La Liga dan dua gelar Copa Del Rey. Bersama timnas Spanyol Casillas menjadi kampiun piala dunia 2010, piala Eropa 2008 dan piala Eropa 2012. Prestasi yang lengkap dan bisa membuat iri kiper manapun.

Víctor Valdés juga memenangkan liga Champions tiga kali bersama Barcelona. Koleksi gelar La Liga miliknya ada tujuh, lebih banyak dari Casillas. Tapi di timnas Spanyol kiprah Valdés hanya sebatas menjadi pelapis untuk Casillas.

Manuel Neuer tampil meyakinkan saat menjuarai piala dunia 2014. Di level klub, Neuer memenangkan liga Champions 2012-2013 bersama Bayern Munich. Neuer berkontribusi membawa Bayern juara bundesliga tiga tahun berturut-turut. Gelar bergengsi yang belum dimenangkan Neuer adalah piala Eropa.

Gianluigi Buffon masih tetap tangguh di usia 37 tahun. Penampilannya sangat gemilang saat di bawah mistar Italia saat menjuarai piala dunia 2006. Enam gelar scudetti telah diraihnya bersama Juventur. Hanya saja Buffon belum pernah menjuarai liga Champions walaupun sempat dua kali masuk final. Buffon juga belum pernah menjad juara Eropa.

Di generasi sebelumnya, ada Fabien Barthez yang prestasinya bisa disejajarkan dengan Casillas. Kiper yang sepuluh tahun lebih tua dari Casillas ini menjuarai piala dunia 1998 dan piala Eropa 2000 bersama Perancis. Sebelumnya Barthez memenangkan liga Champions 1992-1993 bersama Marseille.

Artikel ini ditulis sebagai perhormatan kepada Iker Casillas yang memutuskan untuk pindah dari Real Madrid ke FC Porto musim depan. Walaupun berpindah klub, Iker Casillas tetap saja pemain legendaris Real Madrid..

Referensi:
1. Foro: Iker Casillas.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA