Monday 20 July 2015

Menunggu Wayne Rooney Memecahkan Rekor Gol Bobby Charlton

Sir Bobby Charlton masih tercatat pencetak gol terbanyak timnas Inggris sepanjang masa. Antara tahun 1958-1970 Sir Bobby mencatatkan 50 gol untuk The Three Lions. Rekor ini sudah bertahan lebih  dari 44 tahun tak terpecahkan.

Pada dekade delapan puluhan hingga awal sembilan puluhan, Gary Lineker sudah mendekati rekor Sir Bobby. Top skorer piala dunia 1986 itu sudah mencetakkan 49 gol menjelang putaran final piala Eropa 1992. Sayangnya, Lineker tidak mencetak gol sama sekali di kejuaraan terakhirnya bersama timnas tersebut. Sepertinya Inggris memang tidak tampil bagus saat itu, hanya mencatatkan satu gol atas nama dalam tiga partai di fase grup untuk kemudian tersisih.

Beberapa tahun kemudian Inggris punya striker hebat lagi, kandidat untuk memecahkan rekor Sir Bobby Charlton. Dialah Michael Owen, striker lapar gol didikan Liverpool, yang mencetak 40 gol antara tahun 1998 hingga 2008. Sayangnya cedera demi cedera menghambat karirnya dan juga kesempatan bermain di timnas. Owen tak pernah dipanggil lagi ke timnas sejak 2008 walaupun umurnya baru sekitar 29 tahun.

Saat ini, momen untuk memecahkan rekor Sir Bobby Charlton terlihat mendekat. Bintang Manchester United Wayne Rooney sudah mencetak 48 gol untuk timnas, hanya selisih satu gol dari rekor Sir Bobby. Kapten timnas Inggris ini memimpin timnya untuk memenangkan enam partai berturut-turut pertandingan kualifikasi Euro 2016 berturut.

Inggris masih menyisakan empat pertandingan lagi di kualifikasi Euro 2016. Partai terdekat adalah partai tandang menghadapi San Marino pada 5 September 2015. Tidak berlebihan jika Rooney diharapkan bisa melewati rekor gol Sir Bobby Charlton dalam sisa partai kualifikasi Eurp 2016 ini.

Seandainya Rooney berhasil melewati rekor gol Sir Bobby Charlton, masih ada prestasi Sir Bobby yang masih harus dikejarnya. Sir Bobby adalah bagian dari timnas Inggris yang menjuarai piala dunia 1966, satu-satunya gelar timnas Inggris di pentas internasional level senior. Tugas yang berat untuk Wayne Rooney memimpin pasukannya memenangkan gelar Euro 2016 untuk Inggris.

Referensi:
1. Foto: Wayne Rooney.
2. Para Pencetak Gol Terbanyak Timnas Inggris @ wikipedia.
3. Sir Bobby Charlton @ wikipedia.
4. Gary Lineker @ wikipedia.
5. England at Euro 1992 @ wikipedia.
6. Michael Owen @ wikipedia.
7. Wayne Rooney @ wikipedia.
8. Kualifikasi Euro 2016 @ wikipedia.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA