Tuesday 21 July 2015

Pemain-pemain Dibawah 170 Senti di Copa America 2015

Dari 219 pemain yang mendapat kesempatan tampil di copa America 2015, hanya 11 pemain yang tingginya 160an cm. Secara proporsi, hanya kira-kira 5% dari pemain copa America 2015 yang tingginya dibawah 170 cm .Demikianlah menurut data yang disediakan whoscored.com. Cukup untuk menggambarkan bahwa pemain yang tidak begitu tinggi harus berjuang ekstra keras untuk terpilih.

Sebelas pemain ini berposisi sebagai gelandang atau penyerang. Tidak seorangpun yang berposisi di lini belakang atau dibawah mistar gawang. Dari sebelas nama ini, ada dua superstar. Sembilan nama lain  relatif kurang terkenal.

Pemain dengan tinggi badan terendah di copa America 2015 adalah Alejandro Chumacero dari Bolivia. Gelandang tengah setinggi 163 cm ini bermain untuk klub kuat di liga Bolivia, The Strongest. Chumacero adalah produk asli dari klub ini. Dengan catatan 20 caps di timnas Bolivia dengan usia baru 24 tahun, mudah disimpulkan kalau Chumacero adalah pemain elit di Bolivia.

Gelandang Luis Montes (Mexico) harus berjuang cukup lama untuk dipanggil ke tim nasional. Gelandang setinggi 165 cm ini baru mulai dipanggil ke timnas tahun 2013 saat berusia kira-kira 27 tahun. Walaupun demikian dalam dua tahun ini posisi Montes cukup mantap dengan catatan 17 caps dan 3 gol. Mungkin ditunjang kemampuannya melakoni banyak posisi sekaligus: gelandang tengah, gelandang serang dan sayap kiri.


Rekan Montes di tim sombrero, Javier Aquino, juga memiliki tinggi 167 cm. Sayap kanan ini sempat merasakan atmosfir liga Spanyol. Aquino memperkuat Villareal di musim 2012-2013 dan dipinjamkan ke Rayo Vallecano di musim 2013-2014. Saat ini Aquino sudah kembali ke liga Mexico bersama Tigres UANL.

Chile juga punya gelandang mungil andalan. Dialah Marcelo Díaz yang mampu melakoni peran sebagai gelandang bertahan, gelandang serang dan juga deep-lying playmaker. Gelandang 166 cm dengan julukan "Xavi dari Amerika Selatan" tersebut saat ini memperkuat Hamburg di Bundesliga.





Paraguay juga punya pemain mungil setinggi 167 cm, yang lagi-lagi adalah seorang gelandang. Namanya Osvaldo_Martínez. Pemain yang malang melintang di liga Mexico ini bisa bermain sebagai gelandang tengah atau gelandang serang.






Ada juga pemain naturalisasi dalam daftar ini. Dia adalah Damián Lizio, gelandang serang Bolivia kelahiran Argentina. Saat masih belia, Damián Lizio sempat memperkuat timnas Argentina U20. Sulit menyalahkan pilihan pemain setinggi 168 cm ini pindah ke bolivia mengingat sulitnya merebut posisi di timnas Argentina yang punya gelandang serang sekelas Angel di Maria dan Javier Pastore.

Dari Venezuela ada gelandang mungil bernama Alejandro Guerra. Pemain 169 cm ini sampai saat ini selalu berkompetisi di liga Venezuela. Sebagai pemain, dia sudah memenangkan lima gelar juara liga Venezuela.

Peru punya sayap kiri mungil bernama Christian Cueva. Pemain setinggi 169 cm ini sempat menarik perhatian Rayo Vallecano. Sayang saat itu Cueva kurang sukses saat dipinjamkan ke tim asal kota Madrid itu.

Setelah delapan nama sebelumnya semuanya merupakan gelandang, akhirnya kita sampai juga ke posisi penyerang. Nama pertama adalah Yordy Reina, striker muda Peru. Beberapa tahun terakhir striker 169 cm ini berjuang untuk meraih kesuksesan berkompetisi di Eropa. Reina adalah pemain Red Bull Salzburg, klub kuat Austria. Biasanya Reina dipinjamkan ke klub-klub lain untuk menambah pengalaman dan memberi kesempatan bermain.

Dua nama terakhir adalah pemain mega bintang yang tidak perlu dijelaskan lagi karena sudah sangat terkenal : Lionel Messi (169 cm) dari Argentina dan Alexis Sanchez (168 cm) dari Chile.

Referensi:
1. Alejandro Chumacero @ wikipedia.
2. Luis Montes @ wikipedia.
3. Javier Aquino @ wikipedia.
4. Marcelo Díaz @ wikipedia.
5. Osvaldo Martínez @ wikipedia.
6. Damián_Lizio @ wikipedia.
7. Alejandro Guerra @ wikipedia.
8. Christian Cueva @ wikipedia.
9. Yordy Reyna @ wikipedia

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA